SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Struktur Jaringan Tumbuhan Dan Struktur Jaringan Hewan Untuk Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Tempeh Lumajang

Desnaeni Wahyuningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Ketercapaian tujuan pembelajaran tergantung pada instrumen penilaian yang digunakan untuk mengukur standar kompetensi lulusan. Instrumen penilaian dikatakan baik apabila melalui proses validasi logis dan empiris. Validitas logis meliputi validasi isi dan konstruk, sedangkan validitas empiris meliputi tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, dan analisis pengecoh. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian teknik tes yang berupa soal pilihan ganda jawaban tunggal dan teknik non-tes berupa asesmen kinerja mata pelajaran biologi materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan yang telah tervalidasi baik secara logis maupun empiris. Di SMA Negeri 1 Tempeh Lumajang, instrumen penilaian belum memenuhi syarat validasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Hasil dari validasi logis oleh tiga ahli, yakni ahli evaluasi, materi dan lapangan menunjukkan bahwa soal pilihan ganda jawaban tunggal dan asesmen kinerja yang dikembangkan sudah sesuai dengan materi dan indikator pembelajaran dan dapat dikatakan layak/valid. Hasil dari validitas empiris yang telah melalui tiga kali uji coba mendapatkan hasil yang meningkat dari uji coba awal sampai uji coba kelayakan. Soal yang sudah tervalidasi logis maupun empiris dapat memperbaiki kualitas soal, sehingga soal jelas dan mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan paparan tersebut, diketahui bahwa soal pilihan ganda jawaban tunggal yang sudah tervalidasi logis dan empiris sudah efektif digunakan sebagai instrumen penilaian mata pelajaran biologi materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan.

 

Kata Kunci: pengembangan, instrumen penilaian, struktur jaringan, jaringan tumbuhan, jaringan hewan