SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Android Pada Materi Sel Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMAN 5 Malang

Arei Nurgalih Widyoretno

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran biologi yang menekankan pada aspek proses menuntut siswa harus belajar secara konstruktivisme untuk membangun konsep biologi secara mandiri. Di kelas XI H-3 SMAN 5 Malang menunjukkan bahwa 93,94 % siswa mengalami kesulitan mempelajari materi Sel karena konsep yang harus dikuasai cukup banyak dengan media yang hanya terbatas pada buku dan lembar kerja siswa. Hasil uji miskonsepsi menggunakan Three Tier Test menunjukkan bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 46%, siswa yang mengetahui konsep sebesar 24%, siswa yang menebak jawaban sebesar 4% dan siswa yang tidak tau konsep sebesar 27% . Hasil kuesioner menunjukkan bahwa 84,8% siswa menggunakan Handphone dengan sistem operasi android. Hasil wawancara kepada guru Biologi diketahui bahwa efektifitas penggunaan android di kalangan siswa masih sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Menghasilkan multimedia interaktif berbasis android yang valid untuk siswa kelas XI SMAN 5 Malang. 2) Mengetahui tingkat kepraktisan multimedia interaktif berbasis android untuk mengatasi miskonsepsi siswa kelas XI SMAN 5 Malang. Model pengembangan menggunakan ADDIE meliputi lima langkah, yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi).Sampel yang digunakan adalah: siswa kelas XI H-3 SMAN 5 Malang yang terdiri dari 32 siswa, Data penelitian diperoleh validasi ahli media, validasi ahli materi, validasi praktisi pendidikan, validasi sasaran pengguna dan dari tes miskonsepsi menggunakan Three Tier Test pada perhitungan pretest dan posttest. Validasi oleh ahli media diperoleh hasil sebesar 86%, hasil validasi oleh ahli materi sebesar 83%, hasil validasi oleh praktisi pendidikan sebesar 75% dan validasi oleh sasaran pengguna sebesar 78%. Hasil uji miskonsepsi menggunakan Three Tier Test menunjukkan siswa yang mengalami miskonsepsi pada pretest sebesar 22,34% sedangkan pada posttest sebesar 17,03%. Perolehan uji miskonsepsi tersebut menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis android  dapat menurunkan miskonsepsi.

 

Kata kunci: Multimedia interaktif, android, miskonsepsi, sel.