SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIPADU TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X-MIA MA BILINGUAL BATU

Rosita Latifiani

Abstrak


ABSTRAK

 

Latifiani, R. 2018. Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X-MIA MA Bilingual Batu. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Endah Indriwati, M.Pd, (II) Dr. Fatchur Rohman, M.Si.

 

Kata Kunci: Pengembangan, pembelajaran, inkuiri terbimbing, TGT

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dan pendidik serta sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Guru melakukan persiapan dalam mengadakan suatu pembelajaran dengan membuat perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru di MA Bilingual Batu pada langkah-langkah  pembelajaran sintak pembelajaran tidak dicantumkan dalam tabel pembelajaran, sehingga belum menunjukkan secara pasti bagian sintak  yang dilakukan. Materi yang tercantum telah memuat materi fakta, konsep, prinsip dan prosedur tetapi belum dipisahkan. Beberapa siswa kelas X juga menyatakan bahwa terkadang siswa merasa bosan dengan suasana pembelajaran dan diketahui sebagian besar siswa kelas X mengalami kesulitan pada soal tipe analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP beserta LKS dan instrumen penilaian pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan yang valid, (2) menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP beserta LKS dan instrumen penilaian pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa, (3) menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu TGT pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan di kelas X-MIA 1 MA Bilingual Batu.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan validitas RPP mencapai 82,38%, instrumen penilaian mencapai 87,5% dan lembar kerja siswa mencapai 85,23% yang ketiganya termasuk dalam kategori valid. Hasil implementasi produk pengembangan ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan peningkatan motivasi pada materi ekosistem adalah 69,98% dan pada materi perubahan lingkungan adalah 73,83%, sedangkan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem adalah 0,61 dan pada materi perubahan lingkungan adalah 0,68 yang termasuk dalam kategori sedang.