SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) MATERI JARINGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 7 MALANG

Gigih Ramadhan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhan, Gigih . 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Model Think Pair Share (TPS) Materi Jaringan Hewan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Murni Saptasari, M.Si, (II) Drs. Sulisetijono, M.Si.

 

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar, Kompetensi Dasar 3.4 Kelas XI, Think Pair Share

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi, pengembangan kurikulum 2013 diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari standar kelulusan. Proses pembelajaran kurikulum 2013 terdiri dari dua proses yaitu pembelajaran yang dilaksanakan disekolah dan pembelajaran yang  dilakukan oleh siswa sendiri melalui pengalaman proses belajar langsung. Lembar Kerja Siswa merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA 7 Malang, pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) masih kurang maksimal, karena lembar kerja siswa tersebut berupa cetakan dari penerbit berupa kumpulan soal-soal. Pada penelitian ini, LKS yang dikembangkan dikombinasikan dengan  model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pengembangan LKS dengan  model pembelajaran Think Pair Share materi jaringan hewan dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Malang

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 6 tahapan saja, yaitu terdiri dari: (1) pengumpulan informasi dan penelitian, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk produk awal, (4) Uji coba lapangan tahap awal, (5) revisi produk uttama dan (6) Uji coba lapangan utama. Materi pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah sistem jaringan hewan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi oleh ahli perangkat pembelajaran, ahli materi, dan ahli lapangan (guru). Pengembangan lembar kerja siswa berdasarakan hasil validasi perangkat pembelajaran. Validasi dilakukan dua kali jika terdapat revisi pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Uji coba lapangan dilakukan pada 35 siswa kelas XI SMA 7 Kota Malang. Berdasarkan data analisis kebutuhan siswa, didapatkan respon yang positif terhadap penelitian ini sehingga penelitian ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Berdasarkan analisis validasi lembar kerja siswa dilakukan perbaikan pada cover serta penambahan soal tes. Berdasarkan uji coba lapangan yang dilakukan tidak terdapat masalah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa lembar kerja siswa mendapat skor rata-rata 3.3 yang menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan tergolong valid. Untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran dihitung dari posttest dan pretest siswa didapatkan skor 0,47 yang menunjukkan bahwa keefektifan perangkat pembelajaran berada pada tingkat sedang. Uji kepraktisan dapat diukur dari presentase angket respon siswa terhadap lembar kerja siswa yang dikembangkan mencapai 96% dapat diartikan positif.