SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LKS DISERTAI POP UP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MA BILINGUAL BATU

Nur Fadhilah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kecakapan hidup merupakan kecakapan yang harus dimiliki seseorang untuk berani menghadapi masalah hidup dan mampu mengatasinya. Salah satu kecakapan hidup adalah berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA MA Bilingual Batu masih rendah. Pengembangan bahan ajar diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran biologi terlebih untuk meningkatkan kreativitas siswa MA Bilingual Batu kelas XI sesuai dengan kebutuhan kecakapan hidup. Salah satu bahan ajar ialah LKS. Berdasarkan latar belakang masalah, maka perlu dilakukan penelitian pengembangan yang berjudul pengembangan LKS disertai pop up  berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas XI MA Bilingual Batu.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE oleh Branch (2009) yang meliputi 5 tahap yaitu, Analyze (analisis), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Implement (implementasi) dan Evaluate (penilaian). LKS ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi lapangan menggunakan angket validasi. Tingkat kepraktisan diukur berdasarkan jawaban angket respons siswa dan tingkat keefektifan LKS dilihat berdasarkan nilai gain score yang diperoleh dari hasil rerata nilai pre-test dan post-test siswa. Skor hasil validasi LKS oleh ahli materi, yaitu 91,25%, ahli media sebesar 90%, dan praktisi lapangan sebesar 79% menunjukkan LKS sangat valid atau sangat layak untuk digunakan.

Skor hasil uji kepraktisan LKS sebesar 99,07% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan rerata nilai pre-test dan post-test, didapatkan gain score sebesar 0,52 yang berarti LKS cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKS disertai pop up berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi sangat layak, sangat praktis dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.