SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Kemampuan Bekerjasama Siswa SMAN 5 Malang.

Shinta Aprilia

Abstrak


ABSTRAK

 

Aprilia, Shinta. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Kemampuan Bekerjasama Siswa SMAN 5 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Amy Tenzer, M.S (2) Drs. Masjhudi, M.Pd.

 

Kata Kunci: bekerjasama, berkomunikasi, inkuiri terbimbing, NHT.

Abad 21 disebut juga sebagai abad pengetahuan (knowledge age) yang menuntut siswa untuk memiliki keterampilan belajar, berinovasi, menggunakan teknologi dan media informasi, serta dapat bekerja dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (life skills) dan diimplementasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam bentuk Kurikulum 2013. Salah satu kemampuan yang dibidik dalam Kurikulum 2013 adalah kemampuan cara kerja siswa yaitu berkomunikasi dan bekerjasama. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X-E SMAN 5 Malang pada tanggal 7 Agustus 2017 bahwa kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama siswa masih rendah. Kemampuan berkomunikasi siswa yang rendah dapat dilihat saat kegiatan presentasi kelas di mana siswa kurang antusias dalam mengajukan pertanyaan, menyanggah, dan menjelaskan. Kegiatan presentasi berjalan pasif, siswa presenter hanya membaca slide yang dibuat tanpa menjelaskan kepada teman audience. Rendahnya kemampuan bekerjasama siswa dapat dilihat saat kegiatan mengerjakan LKS dan praktikum. Kebanyakan siswa masih sibuk mengerjakan hal lain seperti bermain HP, mengobrol dengan temannya, atau bahkan mengerjakan tugas matapelajaran lain. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik dan terdapat pembagian tugas yang jelas yaitu Inkuiri Terbimbing dipadu Numbered Head Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama siswa kelas X-E SMAN 5 Malang.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-E SMAN 5 Malang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan berkomunikasi lisan, dan kemampuan bekerjasama siswa diperoleh dari lembar observasi. Data kemampuan berkomunikasi tertulis siswa diperoleh dari soal pretest dan posttest.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Numbered Head Together (NHT) terlaksana dengan sintaks (1) menomori, (2) mengeksplorasi sebuah fenomena, (3) menfokuskan pada pertanyaan, (4) merancang investigasi, (5) melaksanakan investigasi, (6) menganalisis data,  (7) membangun pengetahuan baru, (8) mengomunikasikan pengetahuan baru. Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu NHT dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan siswa kelas X-E SMAN 5 Malang sebanyak 13,8 dari nilai 63,7 (cukup) pada siklus I menjadi 77,5 (baik) pada siklus II. Kemampuan berkomunikasi tertulis siswa kelas X-E SMAN 5 Malang meningkat N-gain dari 0,44 (sedang) pada siklus I menjadi 0,6 (sedang) pada siklus II. Kemampuan bekerjasama siswa kelas X-E SMAN 5 Malang meningkat sebanyak 12,9 dari nilai 65,4 (cukup) pada siklus I menjadi 78,3 (baik) pada siklus II.

Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Inkuiri Terbimbing dipadu Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama siswa kelas X-E SMAN 5 Malang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran bagi peneliti lain dan guru yang ingin menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan Numbered Heads Together (NHT) adalah sebagai berikut. Menjelaskan kepada siswa tahapan kegiatan pembelajaran perpaduan model Inkuiri terbimbing dan NHT. Guru harus bertindak kreatif dan inovatif dalam menyajikan fenomena menarik agar siswa mampu merumuskan pertanyaan dengan benar. Guru harus sungguh-sungguh membimbing siswa dan mengarahkan siswa untuk fokus pada pertanyaan yang akan diinvestigasi, saat berdiskusi kelompok untuk memahami konsep, dan melatih siswa agar tidak membaca LKS selama kegiatan presentasi kelas. Menjelaskan kepada siswa yang dimaksud prosedur investigasi dan memberikan contoh prosedur investigasi kepada siswa. Guru harus mengingatkan siswa mengenai waktu pembelajaran dan pelaksanaan setiap langkah pembelajaran dan mengingatkan siswa agar tidak bermain HP serta mengganggu teman kelompoknya.