SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Sikap terhadap Mata Pelajaran Biologi dengan Literasi Konservasi Biodiversitas pada Siswa SMA di Wilayah Pasuruan

Ratna Istiqomah

Abstrak


ABSTRAK

 

Istiqomah, Ratna . 2017. Hubungan Sikap terhadap Mata Pelajaran Biologi dengan Literasi Konservasi Biodiversitas pada Siswa SMA di Wilayah Pasuruan. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si, (II) Drs. Sulisetijono, M. Si.

 

Kata Kunci: Sikap terhadap mata pelajaran biologi, literasi konservasi biodiversitas, konservasi, biodiversitas

Indonesia merupakan Negara yang memiliki biodiversitas yang tinggi. Potensi biodiversitas tersebut yang menjadikan bangsa Indonesia mendapatkan julukan megabiodiversity. Namun sebagian besar masyarakat masih belum menyadari akibat kerusakan lingkungan yang terjadi baik pada ekosistem laut maupun ekosistem lainnya. Hal ini terbukti bahwa seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat dan kebutuhan masyarakat yang tinggi dapat menimbulkan bencana alam yang berdampak pada menurunnya keanekaragaman hayati. Rendahnya pemahaman masyarakat tentang arti penting biodiversitas disebabkan oleh sistem pembelajaran di sekolah yang kurang mendukung terhadap konservasi biodiversitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sikap siswa SMA di wilayah Pasuruan terhadap mata pelajaran biologi, literasi konservasi biodiversitas siswa SMA di wilayah Pasuruan serta hubungan antara sikap terhadap mata pelajaran biologi dengan literasi konservasi biodiversitas. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket yang kemudian dilakukan perhitungan data dengan analisis deskriptif dan analisis korelasi linier berganda.

Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan penyebaran angket yang diisi oleh siswa kemudian dilakukan perhitungan data skoring pada angket yang telah diisi oleh siswa. Pada perhitungan data skoring dilakukan analisis deskriptif atas sikap terhadap mata pelajaran biologi dan literasi konservasi biodiversitas. Hasil analisis data skoring dari sikap terhadap mata pelajaran biologi dan literasi konservasi biodiversitas akan dilakukan penghitungan data hubungan antara sikap terhadap mata pelajaran biologi dengan literasi konservasi biodiversitas menggunakan uji korelasi linier berganda melalui program pengolah data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap mata pelajaran biologi pada siswa SMA di wilayah Pasuruan cukup baik dilihat pada nilai persentase sebesar 64%, literasi konservasi biodiversitas pada siswa SMA di wilayah Pasuruan sudah baik dilihat dari nilai persentase sebesar 71,09%, dan ada hubungan antara sikap terhadap mata pelajaran biologi dengan literasi konservasi biodiversitas pada siswa SMA di wilayah Pasuruan.