SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tipologi Sarang Burung Bawah Tajuk di Kawasan Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur dan Taman Hutan Raya Raden Soerjo Jawa Timur

ROBIATUL HADAWIYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Identifikasi lapangan kelompok burung bawah tajuk cukup sulit dilakukan secara visual karena burung tersebut bergerak aktif dan suka bersembunyi. Keberadaan sarang burung bawah tajuk dapat membantu dalam identifikasi spesies dan memprediksi kepadatan populasi di suatu area karena aktivitas burung meningkat ketika sedang bersarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi sarang burung bawah tajuk dan hubungan antara tipologi sarang dengan kelompok takson burung bawah tajuk.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di dua kawasan konservasi yang berbeda, yaitu HPFU Samarinda Kalimantan Timur dan Tahura R. Soerjo Jawa Timur pada bulan Desember 2017 sampai Juni 2018. Pengamatan sarang dilakukan dengan metode jelajah di beberapa titik yang ditentukan berdasarkan habitat, seperti tepi rawa, tepi sungai, padang rumput, semak belukar dan lantai hutan yang memiliki tajuk rapat.

Berdasarkan hasil observasi, tipologi sarang burung dapat digunakan sebagai petunjuk informasi mengenai kelompok burung bawah tajuk dalam suatu area. Terdapat tiga tipologi yang dapat dijadikan sebagai petunjuk identifikasi kelompok burung bawah tajuk. Bentuk sarang dome elips merupakan petunjuk adanya kelompok burung famili Estrilidae dan Turdidae. Bentuk sarang dome membulat merupakan petunjuk adanya kelompok burung famili Timaliidae. Bentuk sarang dome setengah kubah vertikal yang berada di dinding tebing merupakan merupakan petunjuk adanya kelompok burung famili Timaliidae, khususnya genus Pneopyga.