SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Materi Perubahan Lingkungan Berbasis PjBL (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Penguasaan Konsep, dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawang

Lia Wardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardani, Lia . 2018. Pengembangan Pembelajaran Materi Perubahan Lingkungan Berbasis PjBL (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Penguasaan Konsep, dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri  Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ibrohim, M.Si., (II) Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D.

Kata kunci: pengembangan, project based learning, kreatif, sikap peduli lingkungan.

 

Kurikulum 2013 menekankan pada pendekatan saintifik yang dirancang sebagai pedoman penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan dan mencapai keterampilan abad 21. Kemampuan berpikir kreatif adalah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa agar dapat mengembangkan kemampuannya untuk berpikir secara luas dan dari berbagai sudut pandang. Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilatih melalui kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dan guru, sehingga pembelajaran tidak lagi bersifat teacher centered. Pendekatan saintifik bertujuan untuk membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran dan mengetahui, memahami, mempraktikkan apa yang telah dipelajari secara ilmiah melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data/ informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.

Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Pada tahap analyze, peneliti melakukan analisis kebutuhan terhadap siswa dan guru yang dilakukan di SMAN 1 Lawang. Tahap selanjutnya adalah design, peneliti menganalisis KI dan KD, membuat indikator dan tujuan pembelajaran. Tahap ketiga adalah develop, peneliti memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, menyusun rancangan perangkat pembelajaran, dan validasi. Setelah seluruh perangkat pembelajaran selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah implement yang dilakukan di kelas X MIA 6 SMAN 1 Lawang sebanyak 35 siswa. Langkah selanjutnya adalah evaluate untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang telah dibuat.

Hasil penelitian berupa produk perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, Handout, LKS, dan instrument penilaian dengan kompetensi dasar SMA kelas X yaitu 3.11 menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi dengan hasil secara berturut-turut silabus (93,53%), RPP (95,41%), Handout (95,41%), LKS (96,60%), dan instrumen penilaian (91,43%) dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan pembelajaran diukur melalui keterlaksanaan sintaks pembelajaran dengan perolehan hasil sebesar 93,22% dengan kriteria sangat praktis dan melalui angket respon siswa sebesar 90,40% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan pembelajaran diukur melalui pretest dan posttest, dengan rata-rata nilai posttest penguasan konsep sebesar 79,26, kemampuan berpikir kreatif 78,30, dan sikap peduli lingkungan sebesar 82,1. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, penguasaan konsep, dan sikap peduli lingkungan.