SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Ekstrak Buah Maja (Aegle marmelos) Terhadap Mortalitas dan Penghambatan Makan Spodoptera litura

ANISA FARIANTIKA

Abstrak


ABSTRAK

 

Spodoptera litura merupakan hama yang bersifat polifag penyebab kerusakan daun pada tanaman budidaya. Pengendalian ulat pemakan daun oleh petani masih tergantung pada penggunaan insektisida sintetik, oleh karena itu dibutuhkan alternatif lain yang lebih ramah lingkungan. Tanaman maja (Aegle marmelos) berpotensi sebagai biopestisida karena memiliki kandungan senyawa bioaktif yang berfungsi sebagai insektisida dan tidak disukai serangga pemakan tumbuhan.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi macam ekstrak buah maja, variasi konsentrasi, dan lama waktu dedah ekstrak buah maja (Aegle marmelos) terhadap mortalitas dan penghambatan makan larva S. litura, memperoleh interaksi antar perlakuan yang terbaik untuk mengendalikan hama larva S. litura, serta mengetahui Lethal Consentration (LC50) S. litura.

Penelitian ini merupakan penelitan eksperimental menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 8 perlakuan masing-masing 4 ulangan. Variabel bebas pada penelitian adalah variasi konsentrasi ekstrak buah maja, lama waktu dedah, dan macam ekstrak buah maja yang digunakan. Variasi konsentrasi ekstak buah maja terdiri dari 0 µl/ml, 200 µl/ml, 400 µl/ml, dan 600 µl/ml. Lama waktu dedah ekstrak buah maja selama 24 jam, 48 jam, 72 jam, dan 96 jam. Macam ekstrak buah maja yang digunakan yaitu ekstrak etanol buah maja dan ekstrak perasan buah maja. Respon pengamatan mortalitas dan penghambatan makan diamati setelah perlakuan selama 24 jam, 48 jam, 72 jam, dan 96 jam. Mortalitas ditentukan berdasarkan tingkat kematian larva S.litura dan daya hambat makan ditentukan berdasarkan oleh luas daun yang termakan oleh larva S. litura. Data persentase mortalitas dan penghambatan makan S. litura dianalisis dengan ANAVA tiga faktorial, kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan 5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan interaksi macam ekstrak buah maja, variasi konsentrasi, dan lama pendedahan ekstrak buah maja (Aegle marmelos) berpengaruh terhadap mortalitas menyebabkan terjadinya penghambatan makan larva S. litura. Ekstrak etanol buah maja konsentrasi 600 µl/ml dan lama pendedahan 96 jam menghasilkan rerata persentase mortalitas dan penghambatan makan larva S. litura yang paling tinggi dan berbeda nyata dengan perlakuan lainnya. Konsentrasi yang efektif untuk mematikan 50% larva S. litura adalah konsentrasi ekstrak etanol buah maja 531 µl/ml dan lama pendedahan 72 jam.