SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Asesmen Kinerja Pada Materi Sistem Respirasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Malang

OKI HERLINAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu kecakapan abad 21 yang memiliki peranan penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia kerja. Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Malang, keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa rendah. Salah satu solusi mengatasi rendahnya berpikir kreatif siswa yaitu dengan asesmen kinerja yang mengacu indikator berpikir kreatif menurut Treffinger yaitu berpikir luwes, berpikir asli, berpikir lancar dan elaborasi. Selain itu, solusi laiinya adalah soal dengan tingkat kognitif C1-C6 untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan asesmen kinerja pada materi sistem respirasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan pemahamn konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Penelitian dan pengembangan ini diujikan kepada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Malang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan asesmen kinerja menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90,82% dengan kriteria “sangat valid”, tingkat kepraktisan sebesar 87,8% dengan kriteria “sangat valid”, tingkat keefektifan asesmen kinerja dalam membuat scrapbook sebesar 89,9 dengan kriteria “efektif”, tingkat keefektifan asesmen kinerja kegiatan praktikum sebesar 93,2 dengan kriteria “efektif”, tingkat keefektifan asesmen kinerja kegiatan presentasi sebesar 91,8 dengan kriteria “efektif”, dan tingkat keefektifan asesmen kinerja kegiatan diskusi kelas sebesar 85,1 dengan kriteria “efektif”. Soal yang dikembangkan untuk mengukur pemahaman konsep siswa sejumlah 30 soal menunjukkan valid. Tingkat kesukaran soal dengan soal kategori sukar sejumlah 1 soal, kategori sedang sejumlah 22 soal, kategori mudah sejumlah 7 soal. Daya beda soal dengan ketegori baik sekali sejumlah 3 soal, kategori baik sejumlah 12 soal, kategori cukup sebanyak 7 soal, dan kategori jelek sjumlah 8 soal. Tingkat reliabilitas soal sebesar 0,681 dengan kriteria “tinggi”. Tingkat keefektifan soal untuk mengukur pemahaman konsep siswa adalah sebesar 86,1 dengan kriteria “efektif”. Hasil revisi pengembangan asesmen kinerja pada materi sistem respirasi dapat digunakan secara luas oleh guru biologi.