SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN HOME SCIENCE PROCESS SKILL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES DI MAN 1 MALANG

Leviana Erinda, leviana erinda

Abstrak


ABSTRAK

 

Di Indonesia, pelaksanaan pendidikan untuk menghadapi abad 21 dicapai dengan penerapan kurikulum 2013. Hasil observasi selama kegiatan KPL pada bulan September-Oktober 2017 menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar kurang optimal, dikarenakan buku teks dan LKS yang tersedia terbatas. Hasil pengisian angket oleh salah satu guru biologi MAN 1 Malang menunjukkan belum adanya pengembangan modul keanekaragaman tumbuhan untuk memfasilitasi siswa mengonstruk pemahamannya secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing bermuatan karakter untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses di MAN 1 Malang. Modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing dikembangkan berdasarkan model 4D Thiagarajan. Data penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil validasi produk oleh validator ahli sebesar 88,93% dengan kriteria valid. Uji tingkat keterbacaan dan kepraktisan modul dilakukan oleh 26 siswa dari 35 siswa kelas X MIPA 5 MAN 1 Malang. Hasil uji keterbacaan sebesar 88,18%, sedangkan uji kepraktisan sebesar 90,31% dengan kriteria valid. Hasil uji keterlaksanaan sintaks pembelajaran oleh observer sebesar 98,41% dengan kriteria berhasil. Uji tingkat keefektifan modul dilakukan dengan mengukur peningkatan hasil belajar siswa meliputi pretest-posttest, keterampilan proses sains, dan muatan karakter. Hasil analisis data terhadap nilai pretest dan posttest menunjukkan n-gain sebesar 0,85 dengan tingkat keefektifan yang tinggi dalam meningkatkan hasil kognitif. Hasil analisis data terhadap keterampilan proses sains menunjukkan n-gain sebesar 0,42 dengan tingkat keefektifan yang sedang dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Hasil analisis data terhadap muatan karakter menunjukkan n-gain sebesar 0,30 dengan tingkat keefektifan yang sedang dalam meningkatkan muatan karakter. Perolehan rata-rata nilai posttest, keterampilan proses sains, dan muatan karakter siswa dianalisis untuk menentukan nilai akhir kompetensi siswa. Nilai akhir kompetensi siswa sebesar 84,55 menunjukkan kriteria baik dengan predikat B. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk, maka dapat disimpulkan bahwa modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing bermuatan karakter layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses di MAN 1 Malang.

 

Kata Kunci: Modul, Keanekaragaman Tumbuhan, Home Science Process Skill, Inkuiri Terbimbing, Muatan Karakter