SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Sikap terhadap Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Lintas Minat Biologi SMA Negeri 2 Malang

Safrida 'Azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Azizah, Safrida . 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Sikap terhadap Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas  XI Lintas Minat Biologi SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si., (II) Dra. Amy Tenzer, M.S.

 

Kata Kunci: Multimedia interaktif berbasis android, sistem imun, kemampuan berpikir kritis, sikap terhadap biologi.

Sikap siswa terhadap biologi membuat kecenderungan bertingkah laku terhadap pelajaran Biologi. Sikap siswa lintas minat biologi SMA Negeri 2 Malang cenderung negatif. Pembelajaran abad 21 menekankan siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Siswa lintas minat biologi SMA Negeri 2 Malang memiliki kemampuan berpikir kritis yang masih rendah. Penerapan media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi diperlukan untuk memfasilitasi siswa agar lebih mudah memahami pelajaran. Salah satunya adalah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android. Berdasarkan masalah yang ada, dilakukan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem imun yang dapat meningkatkan sikap terhadap Biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas  XI Lintas Minat Biologi SMA Negeri 2 Malang yang layak, praktis dan efektif.

Multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE oleh Branch (2009) yang meliputi 5 tahap yaitu, yaitu Analyze (analisis), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Implement (implementasi) dan Evaluate (penilaian). Multimedia ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru menggunakan angket validasi. Soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa divalidasi oleh ahli evaluasi. Tingkat kepraktisan diukur berdasarkan jawaban angket respon siswa dan tingkat keefektifan media dilihat berdasarkan nilai gain score yang diperoleh dari hasil rerata nilai pre-test/post-test siswa. Sedangkan untuk mengukur sikap siswa terhadap biologi diperoleh dari jawaban angket sikap terhadap biologi.

Hasil validitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis android oleh ahli materi, yaitu 96,5%, ahli media sebesar 92,1%, dan praktisi lapangan sebesar 93,3% menunjukkan media sangat valid atau sangat layak untuk digunakan. Kepraktisan multimedia interaktif berbasis android  sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan rerata nilai pre-test dan post-test, didapatkan gain-score sebesar 0,62 yang berarti kemampuan berpikir kritis siswa dengan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan multimedia cukup efektif untuk digunakan. Sikap siswa terhadap biologi menunjukkan hasil sebesar 3,5 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android pada materi sistem imun sangat layak, sangat praktis dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan sikap terhadap biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa.