SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis dan Rekonstruksi Butir Soal Ulangan Akhir Semester Genap Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMA Negeri 4 Pasuruan dan Kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013

Nabilah Febrianti Hasan

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasan, Nabilah Febrianti. 2018. Analisis dan Rekonstruksi Butir Soal Ulangan Akhir Semester Genap Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMA Negeri 4 Pasuruan dan Kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd, (II) Drs. Masjhudi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Analisis butir soal, rekonstruksi, kurikulum 2013, UAS

Evaluasi merupakan salah satu rangkaian dalam pembelajaran. Evaluasi mencakup proses penilaian dan pengukuran yang membutuhkan instrumen. Soal sebagai instrumen pengukur kemampuan siswa perlu untuk diketahui kualitasnya sehingga memberikan data yang akurat. Analisis butir soal bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas soal melalui revisi atau membuang butir soal yang tidak sesuai. Jika kualitas setiap butir soal belum diketahui secara pasti, maka akan berdampak pada biasnya informasi yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui validitas logis, 2) tingkat kesukaran, 3) daya beda, 4) efektivitas pengecoh, 5) reliabilitas, 6) merekonstruksi kisi-kisi dan soal Ulangan Akhir Semester Genap, 6) mengetahui kesesuaian soal dengan kaidah soal pada Kurikulum 2013, dan 7) meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 4 Pasuruan dalam menganalisis butir soal menggunakan Microsoft Excel 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah soal Ulangan Akhir Semester Genap mata pelajaran Biologi kelas XI tahun ajaran 2016/2017 dan lembar jawaban siswa kelas XI jurusan Matematika dan Ilmu Alam. Sampel yang digunakan adalah 120 buah lembar jawaban siswa kelas XI jurusan Matematika dan Ilmu Alam. Pengambilan data validitas logis menggunakan lembar telaah butir soal pilihan ganda yang selanjutnya digunakan sebagai acuan rekonstruksi soal. Validitas empiris diukur menggunakan Microsoft Excel 2013 berdasarkan rumus validitas empiris dimana hasilnya disesuaikan dengan tabel kriteria validitas empiris. Analisis kesesuaian soal dengan Kurikulum 2013 diukur menggunakan instrumen kesesuaian soal dengan Kurikulum 2013. Kemampuan guru dalam menganalisis soal menggunakan Microsoft Excel 2013 diukur menggunakan instrumen kemampuan guru dalam menganalisis soal dengan melaksanakan pelatihan selama 3x pertemuan.

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Validitas logis soal Ulangan Akhir Semester genap tergolong rendah. Sebanyak 12 butir soal sesuai dengan materi pada kisi-kisi soal dan tidak ada butir soal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran pada kisi-kisi soal. Namun, seluruh butir soal menggunakan bahasa yang baik; 2) Tingkat kesukaran soal Ulangan Akhir Semester genap dengan soal kategori mudah berjumlah 18 butir atau 45%. Soal dengan kategori sedang berjumlah 16 butir atau 40%. Soal dengan kategori sukar berjumlah 6 butir atau 15%; 3) Daya beda soal Ulangan Akhir Semester genap berdasarkan perlunya perbaikan, yakni kategori soal sangat baik berjumlah 4 butir atau 10%. Soal yang diterima sebanyak 5 butir atau 12,5%. Soal yang perlu untuk diperbaiki berjumlah 7 soal atau 17,5%. Soal yang ditolak dan tidak berlaku berjumlah 24 butir atau 60% butir soal; 4) Efektivitas pengecoh soal Ulangan Akhir Semester genap dengan kategori berfungsi sebanyak 3 butir atau 7,5%. Soal dengan kategori revisi sebanyak 14 butir atau 35%. Soal dengan kategori tidak berfungsi sebanyak 23 butir atau 57,5%; 5) Reliabilitas soal Ulangan Akhir Semester genap adalah 0,89 sehingga tergolong sangat baik; 6) Rekonstruksi kisi-kisi soal digunakan sebagai acuan pengembangan 50 butir soal yang telah divalidasi oleh ahli evaluasi dan ahli materi sehingga tergolong sangat valid; 7) Kesesuaian soal Ulangan Akhir Semester genap dengan kurikulum 2013 sebesar 79% sehingga tergolong valid; 8) Kemampuan Guru dalam menganalisis soal menggunakan Microsoft Excel 2013 mengalami kenaikan skor dari skor pretest dan skor akhir.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas soal masih tergolong rendah sehingga perlu dilakukan rekonstruksi kisi-kisi dan pengembangan soal yang sesuai dengan kurikulum 2013. Analisis validitas logis soal perlu untuk dilakukan sebelum soal diujikan pada siswa sehingga kesesuaian soal dengan kurikulum 2013 dapat diketahui. Lembar jawaban siswa digunakan sebagai data untuk melakukan analisis validitas empiris soal untuk kemudian digunakan sebagai acuan perbaikan soal. Kemampuan guru mata pelajaran Biologi di SMAN 4 Pasuruan dalam mengoperasikan Microsoft Excel 2013 masih perlu untuk ditingkatkan agar pelaksanaan analisis butir soal dapat dilakukan secara manndiri.