SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android untuk Mengatasi Miskonsepsi pada Materi Sistem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI SMA

Thesa Ihtiar Dikmalantika

Abstrak


ABSTRAK

 

Dikmalantika, Thesa Ihtiar. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android untuk Mengatasi Miskonsepsi pada Materi Sistem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si (II) Drs. Masjhudi, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan multimedia interaktif, android, miskonsepsi, sistem koordinasi

Pemahaman terhadap konsep-konsep dalam pembelajaran biologi sangat diperlukan, namun seringkali siswa tidak dapat memahami konsep yang ada, salah dalam menafsirkan konsep, atau konsep yang diterima tidak sesuai dengan para ahli. Materi yang paling sulit dipahami siswa kelas XI adalah materi sistem koordinasi karena materi tersebut saling berkaitan. Berdasarkan hasil uji coba soal kepada 32 siswa kelas XII SMAN 10 Malang yang telah menempuh materi sistem koordinasi menggunakan soal pilihan ganda tiga tingkatan (Three-tier test) diperoleh hasil bahwa 43,4% siswa mengalami miskonsepsi. Sehingga diperlukan solusi alternatif untuk memperbaiki miskonsepsi berupa pengembangan multimedia interaktif sebagai alat bantu untuk memudahkan siswa memahami konsep-konsep materi. Salah satu multimedia yang sering digunakan oleh siswa adalah smartphone. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif berbasis android untuk mengatasi miskonsepsi pada materi sistem koordinasi siswa SMA yang layak, praktis dan efektif.

Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu model ADDIE (Branch, 2009) yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation dan Evaluate. Hasil analisis data kuantitatif dari validasi ahli materi sebesar 100% (sangat valid), ahli media sebesar 85,69% (valid), ahli assesmen sebesar 100% (sangat valid) dan praktisi lapangan sebesar 98,25% (sangat valid). Berdasarkan data kualitatif produk telah direvisi sesuai dengan kritik dan saran dari validator. Kepraktisan produk multimedia interaktif dengan angket respon siswa sebesar 94,5% (sangat praktis). Berdasarkan hasil keefektifan multimedia interaktif yang diujicobakan pada 36 siswa kelas XI MIPA C SMAN 10 Malang bahwa terjadi penurunan miskonsepsi dari hasil pretest dan posttest. Hasil uji beda dengan uji t-test yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif untuk mengatasi miskonsepsi pada materi sistem koordinasi.