SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN REMEDIAL BIOLOGI MATERI JAMUR UNTUK SISWA KELAS X DI MAN KOTA BATU

Ni'matul Khoiriyyah

Abstrak


Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modul pembelajaran remedial yang valid, praktis, dan efektif untuk membantu pembelajaran remedial materi jamur pada siswa kelas X MAN Kota Batu. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian & pengembangan ADDIE dengan tahapan  analysis,  design, develop, implement, dan evaluate.  Kevalidan modul diketahui dari skor validasi para ahli, kepraktisan modul diketahui dari respon siswa, dan keefektifan modul diketahui dari hasil pretest dan postest siswa. Hasil analisis data validasi menunjukkan bahwa rerata skor validasi ahli pembelajaran sebesar 98,84% dengan kriteria sangat valid, ahli materi sebesar 100% dengan kriteria sangat valid, dan praktisi lapangan sebesar 99,3% dengan kriteria sangat valid. Hasil respons siswa menunjukkan bahwa modul sangat valid dengan presentase 93,75%. Hasil pretest dan postest yang dianalisis dengan teknik analisis gain score didapatkan hasil peningkatan sebesar 0,712 dengan kriteria efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran remedial yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif untuk membantu pembelajaran remedial jamur.

Kata kunci:modul, pembelajaran remedial, jamur

 

Abstract:.The purpose of this research is to produce a valid, practical, and effective remedial learning module to help remedial learning for helping fungi remedial learning for first grade students at Batu State Islamic Senior High School (MAN). This research adapts ADDIE model with the stages analysis, design, develop, implement, and evaluate. The module’s validity is known from the experts validation score, the module’s practicability is known from the students response, and the module's effectiveness is known from the student's pretest and posttest results. The result of validation data analysis shows that the average validation score of learning expert is 98.84% with very valid criteria, matter expert is 100% with very valid criteria, and field practitioner is 99.3% with very valid criteria. The result of the student's response shows that the module is very valid with the percentage of 93.75%. The pretest and posttest results analyzed by gain score analysis technique obtained an increase of 0.712 with high effectiveness criteria. Based on these results, it can be concluded that developed remedial learning modules are valid, practical, and effective to help the fungi remedial learning.

Keyword:module, remedial learning, fungi