SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kualitas Nata de Apple dengan Perbedaan Varietas Apel (Malus sylvestris Mill) dan Macam Gula Berdasarkan Tebal, Berat, dan Kadar Serat

Rofiqoh Lailatul Fitriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriyah, Rofiqoh Lailatul. 2018. Kualitas Nata de Apple dengan Perbedaan Varietas Apel (Malus sylvestris Mill) dan Macam Gula Berdasarkan Tebal, Berat, dan Kadar Serat. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti, M.Pd., (II) Agung Witjoro, S.Pd., M.Kes.

 

Kata Kunci: nata de  apple, varietas apel, variasi gula, kualitas nata.

Buah apel merupakan produk buah terbesar di Kota Batu. Ada dua macam varietas buah apel di kota Batu yang banyak dihasilkan yaitu varietas Manalagi cherry dan Anna, akan tetapi buah apel yang dihasilkan banyak yang memiliki kualitas rendah (grade D).Alasan buah apel grade D memiliki harga jual rendah dikarenakan pembeli kurang tertarik dengan tampilan apel tersebut yang berukuran lebih kecil, sehingga nilai ekonomi buah apel grade D menurun dan bahkan sering tidak laku dijual dan menyebabkan apel tersebut membusuk. Ke dua varietas apel grade D tersebut dimanfaatkan dalam pembuatan nata de apple dengan penambahan variasi macam gula sebagai tambahan nutrisi dalam pembentukan nata, agar dapat dihasilkan produk olahan berupa nata, sehingga dapat dijadikan upaya diversifikasi pangan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh perbedaan varietas buah apel terhadap kualitas nata de apple berdasarkan berat, tebal, dan kadar serat nata, (2) membuktikan pengaruh tiga macam gula terhadap kualitas nata de apple berdasarkan berat, tebal, dan kadar serat nata, (3) menganalisis perbedaan varietas apel lokal dan macam gula yang menghasilkan nata dengan kualitas terbaik.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Desain faktorial dalam penelitian ini terdiri dari dua faktor, yaitu macam varietas apel dan tiga macam gula. Varietas apel dibedakan menjadi A1: varietas apel Manalagi cherry dan A2: varietas apel Anna.  Macam gula dibedakan menjadi B1: gula tebu, B2: gula siwalan, B3: gula aren. Variabel terikat dalam penelitian ini ialah kualitas nata yang meliputi berat, tebal, dan kadar serat nata de apple setelah pemeraman selama 14 hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variasi varietas buah apel berpengaruh signifikan terhadap kualitas nata de apple berdasarkan kadar serat nata, tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan variasi varietas buah apel terhadap kualitas nata de apple berdasarkan tebal dan berat nata. Apel varietas Manalagi cherry menghasilkan nata kualitas terbaik berdasarkan kadar serat nata, (2) macam gula berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas nata de apple berdasarkan tebal, berat dan kadar serat nata. Penggunaan gula aren menghasilkan nata kualitas terbaik berdasarkan tebal, berat dan kadar serat nata, (3) interaksi varietas apel dan macam gula berpengaruh signifikan terhadap kualitas nata de apple berdasarkan tebal, berat dan kadar serat nata. Apel varietas Manalagi cherry dengan penambahan gula aren memberikan hasil terbaik berdasarkan tebal, berat dan kadar serat nata.