SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA BERBASIS HABITS OF MIND DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN MENULIS ILMIAH (SCIENTIFIC WRITING) SISWA KELAS X MIA MAN 1 KABUPATEN MALANG

Anggun Risma Atika

Abstrak


 

ABSTRAK: Pembaruan kurikulum 2013 dibandingkan kurikulum sebelumnya menekankan penilaian siswa secara menyeluruh. Prinsip penilaian siswa secara menyeluruh meliputi tiga aspek, yaitu: aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa.  Penilaian siswa secara menyeluruh khususnya mata pelajaran Biologi memerlukan asesmen yang sesuai. Asesmen kinerja yang baik perlu didukung dengan instrumen penilaian yang jelas, dan objektif. Asesmen kinerja dapat mengembangkan kebiasaan berpikir (habits of mind) siswa. Tujuan penelitian untuk mengembangkan dan menguji asesmen kinerja berbasis Habits of Mind dalam pembelajaran inkuiri terbimbing materi Keanekaragaman Tumbuhan untuk mengukur keterampilan menulis ilmiah (scientific writing) siswa kelas X MIA MAN 1 Kabupaten Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Hasil penelitian Uji pertimbangan justification ahli materi yang mendapatkan hasil layak digunakan, Uji pertimbangan justification ahli asesmen mendapatkan kriteria sangat valid, validasi praktisi lapangan (guru dan siswa) medapatkan kriteria sangat valid, Uji kepraktisan siswa mendapatkan presentase sebesar 98,75% (3,95) dengan kriteria sangat praktis, Uji kepraktisan praktisi lapangan mendapatkan presentase sebesar 96,25% (3,85) dengan kriteria sangat praktis dan Uji keefektifan mendapatkan presentase sebesar 97,14% dengan kriteria tingkat keefektifan sangat tinggi.

Kata kunci: Asesmen kinerja, Habits of Mind, inkuiri terbimbing, keanekaragaman tumbuhan, keterampilan menulis ilmiah.