SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pemahaman Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa Teknik Informatika se-Malang

Rahmat Irsyada

Abstrak


ABSTRAK

 

Irsyada, Rahmat. 2018. Kontribusi Pemahaman Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa Teknik Informatika se-Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Ahmad Dardiri, M.Pd (II) Dr. R.M Sugandi, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: pemahaman kewirausahaan, minat berwirausaha, self efficacy, kesiapan  berwirausaha, revolusi industri 4.0

Pendidikan vokasi menjadi sebuah pilar utama dalam pengembangan dan penyediaan tenaga terampil (skilled worker). Teknologi baru dengan memanfaatkan internet menjadi titik strategis pada proses revolusi industri saat ini. Akan tetapi bisa dilihat pada kenyataannya jumlah pengangguran  terbuka dari tingkat perguruan tinggi sampai saat ini sebesar 12%. Dari besarnya angka pengangguran tingkat perguruan tinggi disebabkan karena rendahnya kesiapan berwirausaha yang dimiliki oleh tiap-tiap individu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kontribusi pemahaman kewirausahaan, minat berwirausaha, dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 mahasiswa Teknik Informatika se-Malang.

Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitatif yang menggunakan tiga variabel bebas yaitu pemahaman berwirausaha, minat berwirausaha, self efficacy, dan satu variabel terikat yaitu kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0. Sampel penelitian ini mencakup mahasiswa vokasi D3/D4 program studi Teknik Informatika se-Malang dengan jumlah total sampel sebesar 261 mahasiswa yang tersebar di perguruan tinggi negeri dan swasta yang sudah menempuh matakuliah kewirausahaan. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan signifikansi 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan didapatkan kesimpulan yaitu : (1) pemahaman kewirausahaan, minat berwirausaha, dan self efficacy memiliki kontribusi secara simultan dan signifikan sebesar 68,4%; (2) pemahaman kewirausahaan memiliki kontribusi secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 2,48% ; (3) minat berwirausaha memiliki kontribusi secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 8,89% ; (4) self efficacy memiliki kontribusi secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 sebesar 57,03%.

 

ABSTRACT

Irsyada, Rahmat. 2018. Contribution of Understanding of Entrepreneurship, Interest in Entrepreneurship, and Self Efficacy on Entrepreneurship Readiness in Industrial Revolutionary Era 4.0 Student of Informatics Engineering in Malang. Thesis, Department of Vocational Education, Post Graduate Program, State University of Malang. Advisor: (1) Dr. H. Ahmad Dardiri, M.Pd (II) Dr. R.M Sugandi, S.T., M.T.

 

Keywords: understanding of entrepreneurship, entrepreneurship interest, self efficacy, entrepreneurial readiness, industrial revolution 4.0

Vocational education becomes a major pillar in the development and supply of skilled workers. New technology by utilizing the Internet becomes a strategic point in the process of industrial revolution today. However, it can be seen in fact the number of open unemployment from the college level to date is 12%. Of the high unemployment rate at the university level is due to the low readiness of entrepreneurship owned by each individual. This research has purpose to know contribution contribution of entrepreneurship understanding, entrepreneurship interest, and self efficacy to entrepreneurship readiness in industrial revolution era 4.0 student of Informatics Engineering in Malang.

This research was designed using descriptive and quantitative approach using three independent variables, namely entrepreneurship understanding, entrepreneurship interest, self efficacy, and one dependent variable that is entrepreneurial readiness in the era of industrial revolution 4.0. The sample of this study covers D3 / D4 vocational students of Informatics Engineering study program in Malang with a total sample size of 261 students spread in public and private universities that have taken the course of entrepreneurship. Hypothesis test is done by using multiple regression analysis with significance 0,05.

Based on the results of research that has been done to get the conclusion that is: (1) entrepreneurial understanding, entrepreneurship interest, and self efficacy has contributed simultaneously and significantly equal to 68,4%; (2) entrepreneurial understanding has a significant contribution to the readiness of entrepreneurship of 2.48%; (3) interest in entrepreneurship has a significant contribution to the readiness of entrepreneurship of 8.89%; (4) self efficacy has a significant contribution to entrepreneurship readiness in the era of industrial revolution 4.0 of 57,03%.