SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SISTEM EKSKRESI, SISTEM SARAF, DAN SISTEM HORMON PADA SISWA KELAS XI MAN KOTA BATU

Ika Airin Nur Rohmadhani

Abstrak


Abstrak: Penelitian pengembangan yang dilaksanakan bertujuan menghasilkan instrumen tes diagnostik three-tier yang layak dan valid untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa Kelas XI MAN Kota Batu materi sistem ekskresi, sistem saraf, dan sistem hormon. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan  analysis,  design, develop, implement, dan evaluate.  Hasil pengembangan berupa instrumen diagnostik three-tiersejumlah 44 soal. Instrumen diagnostik three-tier diimplementasikan kepada 106 siswa MAN Kota Batu. Hasil analisis data kuantitatif validasi  menunjukkan bahwa instrumen yang dihasilkan termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji reliabilitasdidapatkan hasil sebesar 0,869 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan data persentase analisis miskonsepsi, diketahuisiswa mengalami miskonsepsi pada materi sistem ekskresi, sistem saraf, dan sistem hormon secara berurutan yaitu 56,5%, 55,8%, dan 59,7%.

Kata kunci:instrumen diagnostik three-tier, miskonsepsi, sistem ekskresi, sistem hormon, sistem saraf

 

Abstract:The study aims to create a feasible and valid three-level diagnostic test to identify students of the XI MAN City Stone class of excretory system materials, nervous system, and hormonal systems. This research uses ADDIE development model with stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The development result is a three level 44 diagnostic instrument. The three-tier diagnostic instrument is implemented to 106 Batu City MAN students. The results of quantitative data validation analysis indicate that the resulting instruments fall into the category if very feasible. Results of reliability obtained results of 0.869 included in the high category. Based on the existing data misconception, students can use the system information, nervous system, and hormonal system sequentially that are 56.5%, 55.8%, and 59.7%.

Keyword:excretion system, hormone system, nervous system, misconception, the three-tier diagnostic instrument