SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Butir dan Rekonstruksi Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XI Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar dan Kesesuaiannya Terhadap Kurikulum 2013

Aprindhita Anggraini Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, A.A. 2018. Analisis Butir dan Rekonstruksi Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XI Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar dan Kesesuaiannya Terhadap Kurikulum 2013. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd, (II) Drs. Masjhudi, M.Pd.

 

Kata Kunci: analisis butir soal, ujian akhir semester, kurikulum 2013

Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru Biologi SMA Negeri di Kota Blitar yang tergabung dalam tim pembuat soalUjian Akhir Semester ganjil Biologi kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri Kota Blitar belum pernah dilakukan analisis butir soal meliputi validitas logis (isi dan konstruk) dan validitas empirik yang meliputi tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, dan reliabilitas soal. Selain itu, soal UAS tersebut juga belum pernah dilakukan analisis kesesuaiannya terhadap kurikulum 2013. Hal ini menyebabkan soal UAS di Kota Blitar belum diketahui validitas logis dan empiriknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis soal Ujian Akhir Semester ganjil kelas XI SMA Negeri di Kota Blitar yang meliputi validitas logis (isi dan konstruk), validitas empirik meliputi tingkat kesukaran, daya beda,efektivitas pengecoh, dan reliabilitas soal, kesesuaian dengan kurikulum 2013 serta rekonstruksi soal UAS sesuai hasil analisis validitas logis.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif-kualitatif. Objekpenelitian adalah soal UAS ganjil Biologi kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 dan lembar jawaban siswa di empat SMA Negeri di Kota Blitar. Hasil penelitian kuantitatif menggunakan aplikasi ANATES dan hasil penelitian kualitatif dengan mencocokkan butir soal dengan instrument yang ada.

Hasil validitas empirik soal yang meliputi tingkat kesukaran soal di SMA Negeri Kota Blitar diketahui dari empat SMA Negeri yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, dan SMAN 4 Blitar belum memenuhi proporsi soal yang tepat yaitu 25% mudah, 50% sedang, dan 25% sukar. Daya beda soal dikeempat sekolah belum memenuhi kriteria, terdapat ≥50% soal yang dibawah kategori daya beda baik yaitu 0,40. Efektivitas pengecohsoal diketahui bahwa keempat sekolah masih berada pada kategori belum atau tidak berfungsi. Reliabilitas soal SMAN 1 Blitar cukup sebesar 0,67, SMAN 2 Blitar tinggi sebesar 0,77, SMAN 3 Blitar tinggi sebesar 0,72, dan SMAN 4 Blitar cukup sebesar 0,40. Kesesuaian soal UAS ganjil Biologi kelas XI SMA Negeri di Kota Blitar tiga sekolah valid dengan revisi dan satu sekolah kurang valid, sebaiknya tidak digunakan dan direvisi. Validitas isi soal UAS ganjil Biologi Kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar valid untuk SMAN 1 Blitar dan SMAN 4 Blitar serta valid dengan revisi untuk SMAN 2 Blitar dan SMAN 3 Blitar. Validitas konstruk soal belum 100% karena masih banyak soal yang belum sesuai dengan indikator. Analisis konstruksi soal dari keempat sekolah didapatkan hasil persentase sebesar 96% sampai dengan 99% yang artinya hampir memenuhi semua kriteria, dan analisis bahasa 100% untuk SMAN 1 Blitar dan SMAN 2 Blitar sedangkan SMAN 3 Blitar sebesar 98% dan SMAN 4 Blitar sebesar 99%.

Selain analisis diatas, dari penelitian ini juga ditemukan permasalahan yang sering dialami guru Biologi dalam penyusunan soal UAS adalah terdapat pada penyusunan kisi-kisi soal. Pedoman penulisan soal yang tidak diperhatikan dan guru masih menggunakan aturan serta acuan kurikulum yang sebelumnya. Sedangkan saat ini sudah menggunakan pedoman Kurikulum 2013 hasil revisi (kurikulum baru). Sehingga hal ini menyebabkan ketidaksesuaian antara hasil kisi-kisi yang dibuat dengan ketentuan-ketentuan yang seharusnya. Hasil penelitian ini juga menghasilkan soal hasil rekonstruksi berdasarkan hasil analisis validitas konstruknya sejumlah 5 soal untuk SMAN 1 Blitar, 3 soal untuk SMAN 2 Blitar, 15 soal untuk SMAN 3 Blitar, dan 7 soal untuk SMAN 4 Blitar. Sedangkan berdasarkan validitas isinya, dilakukan rekonstruksi 40 soal atau keseluruhan soal pada setiap sekolah.Setelahdilakukan analisis soal Ujian Akhir Semester ganjil Biologi kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar, maka guru Biologi sebaiknya melakukan analisis kualitatif pada soal terlebih dahulu sebelum diujikan kepada peserta tes dan melakukan analisis kuantitatif setelah tes diujikan kepada peserta tes setiap akhir semester. Selain itu, perlu dilakukannya revisi pada soal-soal yang belum memenuhi kriteria dengan cara merekonstruksi soal yang ada menjadi soal baru sesuai kriteria.

 

SUMMARY

 

Rahayu, A.A. 2018. Item Analysis and Reconstruction of Biology Final Exam in First Semester Class XI Academic Year 2017/2018 in Senior High School in Blitar City and the Suitability to Curriculum 2013. Skripsi. Jurusan Biologi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd, (II) Drs. Masjhudi, M.Pd.

 

Key Words:item analysis, final exam, curriculum 2013

Based on the results of interviews with the Biology Teachers of Senior High School in Blitar City, which is incorporated in the team of questioners of the biology final exam in first semester class XI academic year 2017/2018 in senior high school in Blitar City has never done any item analysis including logical validity (contents and constructs) and empirical validity which includes the level of difficulty, discriminating power, effectiveness of distractor, and reliability. Beside that, the question of UAS has also not been done analysis of its suitability to the curriculum 2013. This causes the questions of UAS in Blitar City has not known the logic and empiric validity. The purpose of this research is to analyze the final exam in first semester class XI in Blitar City which includes logical validity (content and construct), empiric validity including difficulty level, discriminating power, effectiveness of distractor, and reliability, suitability with curriculum 2013 and UAS reconstruction according to the result of logical validity analysis. The research method used in this research is quantitative-qualitative descriptive method. The object of research is the biology final exam in first semester class XI academic year 2017/2018 in senior high school in Blitar City and student answer sheets in four senio high school in Blitar City.The results of quantitative research using ANATES aplication and the results of qualitative research by checking the questions with the instrument.

The results of empirical validity which are the level of difficulty in senior high school in Blitar City from four schools, which are SMA 1, SMAN 2, SMAN 3, and SMAN 4 has not met the right proportion of 25% easy, 50% moderate, and 25% difficult. Discriminating power of  the question 100% has not met the criteria, there are ≥50% questions under the category of good which is 0.40. The effectiveness of distractor is known that the four schools are still in the category of not yet or not functioning. The reliability of SMAN 1 Blitar is quite 0.67, SMAN 2 Blitar is high 0.77, SMAN 3 Blitar is high 0.72, and SMAN 4 Blitar is enough 0.40. Suitability of first semester Biology final exam class XI senior high school in Blitar city three schools valid with revisions and one school less valid, should not be used and revised. Content validity of first semester Biology final exam class XI senior high school in Blitar city academic year 2017/2018 valid for SMAN 1 Blitar and SMAN 4 Blitar and valid with revision for SMAN 2 Blitar and SMAN 3 Blitar. The construct validity is not yet 100% because there are still many questions that have not been in accordance with the indicators. The results of construction analysis of the questions from the four schools are 96% until 99% which mean that almost all the criterias are fulfill and language analysis is 100% for SMAN 1 Blitar and SMAN 2 Blitar, meanwhile for SMAN 3 Blitar is 98% and SMAN 4 Blitar is 99%.

Beside that analysis, this research shows that some problems are faced by Biology teachers on arranging final exam questions which is on arranging question’s lattice. The orientation on questions writing process is not noted and teachers still using rule and the latest curriculum. Meanwhile, now is using revised currilculum 2013 (new curriculum). The results of this study also get the results of reconstruction based on the results of construct validity analysis of 5 questions for SMAN 1 Blitar, 3 for SMAN 2 Blitar, 15 for SMAN 3 Blitar, and 7 for SMAN 4 Blitar. Meanwhile, based on the validity of the contents, the reconstruction of 40 problems or all problems in each school.After doing item analysis of final exam Biology in the first semester class XI academic year 2017/2018 senior high school in Blitar city, so Biology teacher must doing qualitative analysis before use it to students and doing quantitative analysis after the questions is tested by students in the final semester. Beside that, revision is needed on the questions which has not fulfill the criteria by reconstructing the questions according to criteria.