SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Sikap dan Minat Siswa Laki-Laki dan Perempuan Pada STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) di SMA Ar-Rohmah, Malang.

Linda Hapsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Hapsari, Linda. 2017. Perbedaan Sikap dan Minat Siswa Laki-Laki dan Perempuan Pada STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic)di SMA Ar-Rohmah, Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hadi Suwono, M.Si.

 

Kata Kunci: Sikap, Minat, STEM, SMA

Ar-Rohmah STEM adalah integrasi dari bidang IPA, Teknologi, Teknik, dan Matematika (science, technology, engineering, and mathematics). Integrasi STEM dalam pendidikan mulai mengalami peningkatan karena didorong oleh tingginya kebutuhan tenaga kerja yang kompeten di bidang STEM. Keempat bidang STEM saling terkait namun, pada kenyataannya keempat bidang tersebut selama ini dipelajari secara terpisah. Pendidikan di Indonesia, terutama pendidikan yang berbasis pondok pesantren lebih mengutamakan pelajaran IPA dan Matematika sehingga siswa menjadi asing dengan pelajaran yang berhubungan dengan STEM di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: 1)Menganalisis perbedaan sikap siswa laki-laki dan perempuan pada STEM di SMA Ar-Rohmah, 2) Membandingkan minat program studi yang ingin dicapai oleh siswa laki-laki dan perempuan di SMA Ar-Rohmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitataif. Penelitian dilakukan di SMA ArRohmah Putri ‘Boarding School’ dan SMA Ar-Rohmah Putra Hidayatullah, Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2017. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki dan perempuan kelas X dan kelas XI IPA di SMA Ar-Rohmah, Malang. Siswa laki-laki kelas X dan XI IPA berjumlah 126 siswa. Siswa perempuan kelas X dan XI IPA berjumlah 231 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner atau angket sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan sikap siswa laki-laki dan perempuan terhadap STEM. Siswa laki-laki cenderung lebih positif terhadap bidang-bidang STEM jika dibandingkan dengan siswa perempuan. Dari 6 bidang STEM yang ada, dapat dikelompokkan menjadi 2 faktor. Pada siswa laki-laki, anggota faktor 1 adalah IPA, Teknik, Ketakwaan, Teknologi, dan STEM, sedangkan anggota faktor 2 adalah Matematika. Pada siswa perempuan, anggota faktor 1 adalah IPA, Teknik, Ketakwaan dan STEM, sedangkan faktor 2 adalah Teknologi dan Matematika, 2) Minat program studi siswa laki-laki dan perempuan hampir sama. Pada siswa laki-laki, program studi yang paling tinggi peminatnya adalah sosial, kedokteran, dan teknik. Sedangkan pada siswa perempuan, minat program studi tertinggi adalah sosial, kedokteran, dan biologi.