SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Asesmen E-Portfolio dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Peningkatan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Malang

Shofiyatul Marwiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Marwiyah, Shofiyatul. 2018. Pengaruh Asesmen E-Portfolio dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Peningkatan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D., (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si.

 

Kata Kunci: asesmen e-portfolio, keterampilan metakognitif, hasil belajar, Think Pair Share (TPS).

Salah satu hal yang penting dalam suatu pembelajaran adalah penilaian dan melalui penilaian akan diketahui ketercapaian tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Terdapat 3 ranah penilaian hasil belajar yaitu penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiganya bisa termuat dalam penilaian portofolio. Belum banyak sekolah yang menerapkan penilaian portofolio karena membutuhkan ruang penyimpanan yang luas, memerlukan banyak waktu, dan melibatkan banyak komponen sebagai alat penilaian yang berarti menuntut banyak perhatian dari guru. Berdasarkan hal itu maka perlu adanya fasilitas penilaian yang menyangkut aspek pengetahuan dan keterampilan, salah satunya dengan asesmen e-portfolio. Asesmen e-portfolio pernah diterapkan di SMA Negeri 2 Malang yang memanfaatkan WhatsApp sebagai media elektronik, namun hanya beberapa saja siswa yang terlibat dan media elektronik yang digunakan hanya sebatas untuk mengirimkan tugas tanpa adanya evaluasi dan refleksi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh asesmen e-portfolio dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap peningkatan keterampilan metakognitif, (2) pengaruh asesmen e-portfolio dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap peningkatan kesadaran metakognitif, dan (3) pengaruh asesmen e-portfolio dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap peningkatan hasil belajar biologi.

Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (Penelitian eksperimen semu) dengan model rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik random sampling. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan asesmen e-portfolio dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol positif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol negatif dengan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru.

Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Keterampilan metakognitif diukur dengan rubrik keterampilan metakognitif yang terintegrasi dengan soal essay. Hasil belajar kognitif diukur melalui pemberian soal pretest dan posttest. Hasil belajar afektif diperoleh melalui lembar penilaian sikap sosial yang difokuskan pada 3 sikap yaitu disiplin, jujur, dan gotong royong selama kegiatan pembelajaran. Hasil belajar psikomotor diperoleh melalui penilaian kinerja dan laporan praktikum menggunakan lembar penilaian kinerja dan laporan praktikum. Uji hipotesis menggunakan uji anakova hasil pretest dan posttest variabel terikat.

Hasil data yang dianalisis menggunakan uji anakova menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh asesmen e-portfolio dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap peningkatan keterampilan metakognitif, (2) tidak ada pengaruh asesmen e-portfolio dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap peningkatan kesadaran metakognitif, dan (3) ada pengaruh asesmen e-portfolio dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap peningkatan hasil belajar biologi.

Berdasarkan hasil penelitian, untuk peneliti selanjutnya disarankan agar meneliti tentang pengaruh e-portfolio dalam model pembelajaran yang lain dan menggunakan e-learning selain Edmodo. Perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh e-portfolio terhadap variabel terikat yang lain. Asesmen e-portfolio ini bisa diterapkan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam berbagai mata pelajaran. Perlu dikembangkan instrumen yang sesuai diterapkan di Indonesia untuk mengukur kesadaran metakognitif.