SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Malang

Rina Rizki Amalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Amalia, Rina Rizki. 2018. Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Model Pembelajaran TGT  (Teams Games Tournament) Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Masjhudi, M.Pd. (II) Siti Imroatul Maslikah, S.Si, M.Si.

 

Kata Kunci: pengembangan media monopoli, TGT, sistem ekskresi, hasil belajar, motivasi.

Pengembangan media permainan monopoli biologi ini didasari oleh kurang optimalnya pemanfaatan media serta model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di SMAN 1O Malang. Bersadasarkan hasil wawancara dan observasi kegiatan belajar media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar yaitu LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), buku teks, papan tulis, power point, dan media digunakan ketika pembelajaran pada saat di laboratorium yaitu alat peraga. Metode yang digunakan guru untuk mengajar yaitu dengan diskusi, presentasi dan praktikum. Penggunaan media dan metode pembelajaran tersebut membuat siswa merasa bosan, kurang aktif dalam mengikuti pelajaran, dan selalu membagi tugas yang diberikan oleh guru. Hasil wawancara menunjukkan salah satu materi yang dianggap sukar oleh siswa adalah Sistem Ekskresi terbukti bahwa hasil belajar belum mencapai kompetensi maksimal dengan total siswa yang mencapai KKM dalam materi tersebut adalah 62.5%.  Salah satu  yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan media permainan monopoli dalam model TGT pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan monopoli dalam model pembelajaran TGT pada materi Sistem Ekskresi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 10 Malang, serta mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan 4-D  (define, design, develop dan disseminate ) yang dikembangkan Thiagarajan, et al., (1974), tetapi pengembangan media ini hanya sampai tahap 3-D (Develope). Data uji Coba produk terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil validasi media permainan monopoli dari validator ahli materi sebesar 96,42% dengan keterangan valid, hasil validasi oleh ahli pengembangan media pembelajaran sebesar 95,20% dengan keterangan sangat valid, dan hasil validasi oleh praktisi lapangan sebesar 98,43% dengan keterangan sangat valid. Hasil uji kepraktisan skala kecil diperoleh hasil 92,7% dengan keterangan sangat praktis sedangkan uji skla besar diperoleh hasil 90,04% dengan keterangan sangat praktis. Berdasarkan rata-rata  pretest dan posttest, maka didapat gain-score sebesar 0,72 yang berarti media memiliki efektifitas tinggi dan didapat peningkatan nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,44%  yang menandakan bahwa media dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil motivasi belajar dengan memberikan angket juga terdapat peningkatan dari pembelajaran tanpa menggunakan media dengan persentase 77,26% dengan krteria baik menjadi 93,03% dengan kriteria sangat baik, sedangkan dari hasil pengamatan observer juga terdapat peningkatan motivasi dari pembelajaran tanpa menggunakan media dengan persentase 71,22% dengan krteria baik menjadi 89,40% dengan kriteria sangat baik.