SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi Kelas XI Di SMA Nasional Kota Malang

hanifah margasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanifah, Margasari. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi Kelas XI Di  SMA  Nasional  Kota  Malang.  Skripsi,  Jurusan  Biologi,  Fakultas Matematika  dan  Ilmu  Pengetahuan  Alam,  Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing: (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd, (II) HendraSusanto, S.Pd, M.Kes, Ph.D

 

Kata kunci: instrumen penilaian, biologi SMA, sistem gerak, sistem sirkulasi, validitas

Penilaian dalam kurikulum 2013 ditekankan pada penilaian autentik. Fokus penilaian kurikulum 2013 adalah  keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi pengetahuan, sikap dan  keterampilan. Kompetensi siswa diukur dengan menggunakan suatu instrumenpenilaian. Penelitian ini mengembangkan tes berupa soal pilihan ganda jawaban sebanyak 30soal dan  asesmen kinerja berupa menyajikan karya tulis. Penelitian  ini  bertujuan untuk menghasilkan  produk  instrumen  penilaian yang telah diuji validitas logis dan validitas empiris.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahap yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan awal desain produk, (4) uji coba  lapora  awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan produk utama, (7) revisi produk. Uji coba produk dilakukan di SMA Nasional Kota Malang sebanyak 2 kali, yaitu uji coba lapangan awal dilakukan pada 12 siswa dan uji coba lapangan produk utama dilakukan pada 42 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi ahli evaluasi, ahli materi, dan ahli lapangan (guru), serta hasil uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan produk utama dianalisis dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi konstruk dan validasi isi soal pilihan ganda  jawaban  tunggal dari  ahli evaluasi, ahli materi dan ahli lapangan dan asesmen  kinerja berdasarkan hasil validasi konstruk dan validasi ahli evaluasi disimpulkan telah valid.

Berdasarkan analisis program ITEMAN (Item and Test Analysis) diperoleh hasil uji coba lapangan awal pada soal pilihan ganda jawaban tunggal untuk tingkat kesukaran soal mudah 26,67%, soal sedang 53,33%, dan soal sukar 20%. Untuk daya beda diperoleh persentase 20% negatif,  16,7% jelek, 23,3%  cukup  ,  26,67%  baik,  dan  13,33%  baik  sekali.  Untuk  analisis  pengecoh,  pilihan  jawaban berfungsi mengecoh  sebanyak  60%. Berdasarkan hasil uji coba lapangan produk utama pada soal pilihan ganda jawaban tunggal  untuk  tingkat  kesukaran  soal  mudah  33,33%,  soal  sedang  36,67%,  dan  soal  sukar 30%. Untuk daya beda cukup 33,33%, baik 60%, dan baik sekali 6,67%. Reliabilitas  instrumen  tergolong  tinggi dengan  nilai 0,728. Untuk  analisis pengecoh,  pilihan  jawaban  berfungsi  mengecoh  sebanyak  93,33%.  Saran yang dapat diberikan yaitu  instrumen  ini bisa  digunakan  oleh  guru  pelajaran  Biologi  namun  perlu  mengkaji  pada  beberapa  soal  karena perbaikan  soal harus dilakukan berulang-ulang agar mendapatkan  soal  yang valid. Penelitian  ini perlu dikembangkan  lebih  lanjut dengan melanjutkan model pengembangan Borg  and Gall pada langkah ke 8, 9, dan 10.