SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA

Nikita Rizky

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizky, Nikita. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Probem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd, (II) Dra. Nursasi handayani, M.Si.

 

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, problem based learning, berpikir kritis, hasil belajar

Kurikulum 2013 menekankan pendekatan saintifik dalam proses pembelajarannya dan harus memenuhi beberapa kriteria, salah satunya adalah mendorong dan menginspirasi siswa untuk berpikir kritis. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi di SMA Islam Malang, kemampuan berpikir kritis siswa sangat rendah yaitu sekitar 10% siswa mampu berpikir kritis sedangkan 90% lainnya tidak mampu berpikir kritis. Permasalahan mengenai rendahnya kemampuan berpikir kritis dapat diatasi dengan  mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis PBL. Guru belum sepenuhnya mengembangkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar Biologi. Silabus diperoleh dari internet, sedangkan RPP masih menggunakan acuan permendikbud lama yaitu Permendikbud Nomor 59 Tahun 2013, tidak mengembangkan bahan ajar berupa LKS dan modul sehingga acuan dalam pembelajaran hanya buku paket dari penerbit. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis PBL. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, instrumen penilaian, modul, dan LKS pada materi sistem pernapasan pada manusia serta menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Desain uji coba dalam penelitian ini untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PBL. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen di SMA Islam Malang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar validasi perangkat, lembar soal pretes-postes, Lembar observasi keterlaksanaan sintaks, dan angket respon siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata persentase validitas perangkat pembelajaran sebesar 93,2% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari data keterlaksanaan sintaks PBL sebesar 91,7% dengan kriteria sangat praktis dan angket respon siswa sebesar 90,4% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil pretes-postes peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar. Kelas eksperimen mengalami peningkatan berpikir kritis sebanyak 41,9% dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebanyak 22,15%.

 

ABSTRACT

 

Rizky, Nikita. 2018. The Development of Biology Learning Tools on Problem Based Learning to Improve Critical Thinking and Learning Outcomes of Grade XI Students in  SMA. Skripsi, Departement of Biology, Faculty Mathematics and Natural Science, State University of Malang. Mentor (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd, (II) Dra. Nursasi handayani, M.Si.

 

Keywords: the development of biology learning tools, problem based learning, critical thinking and learning outcomes

The 2013 curriculum emphasizes a scientific approach in learning process and must meet several criteria, one of which is encouraging and inspiring students to critical thinking. Based on interviews with teacher’s Biology in SMA Islam Malang, critical thinking of student ability is very low, 10% of students are able to think critically while 90% are not able to think critically. Problems about low critical thinking can be overcome by developing of biology learning tools based PBL. Teachers have not yet fully developed the learning tools to be used in the Biology learning process. Syllabus obtained from the internet, RPP still using the old permendikbud reference that is Permendikbud Number 59 Years 2013, did not develop teaching materials in the form of LKS and modul so that the reference in learning is only a package of books from the publisher. Based on these problems, researchers develop learning tools based on PBL. The purpose of this research is to produce learning device product consist of syllabus, RPP, assessment instrument, module, and LKS on the material of respiratory system in humans and test the validity, praticality, and effectiveness of instructional tools.

Type this research is a development research using ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Design trials in this study to measure the validity, , praticality , and effectiveness of the product development of learning tools based on PBL. The test subjects in this study were the students of class XI MIPA 3 as the control class and XI MIPA 4 as the experimental class at SMA Islam Malang. The instrument of data collection in this research is the device validation sheet, the pretest-postes questionnaire, the observation sheet of the syntax implementation, and the student response questionnaire.

The results showed that the average percentage of learning device validity of 93.2% with criteria is very valid and can be used without revision.The practicality of instructional tools obtained from the data of PBL syntax implementation of 91.7% with very practical and questionnaire responses of students of 90.4% with very practical. The effectiveness of instructional tools is derived from the pretest-postes result of increased critical thinking and learning outcomes. The experimental class experienced of 41.9% improvement in critical thinking and the control class experienced an increase of 22.15%.