SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Malang.

Putri Fitria Sartika

Abstrak


ABSTRAK

 

Sartika, Putri Fitria. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc. Ph.D., (II) Siti Imroatul Maslikah, S.Si, M.Si.

 

Kata Kunci: kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, cooperative script, jurnal belajar

Beberapa sekolah tingkat menengah atas negeri yang ada di kota Malang sudah memiliki perencaaan pembelajaran yang sangat baik namun strategi pembelajaran yang dilakukan guru belum memberdayakan keterampilan metakognitif siswa karena guru belum mengetahui strategi yang efektif untuk melatih dan mengembangkan keterampilan metakognitif tersebut. Berdasarkan masalah yang ada, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Cooperative Script berbantuan jurnal belajar terhadap kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar yang dimiliki siswa.

Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Cooperative Script berbantuan jurnal belajar, Cooperative Script, dan diskusi presentasi, sedangkan variabel terikatnya adalah kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri di Kota Malang yang menempuh ajaran semester genap  tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI SMAN 7 Malang sebanyak 3 kelas, yang ditentukan berdasarkan uji kesetaraan. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Data diambil pada saat pretest, dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan anakova.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Cooperative Script berbantuan jurnal belajar tidak berpengaruh terhadap kesadaran metakognitif, namun strategi pembelajaran Cooperative Script berbantuan jurnal belajar berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa dengan persentase 47,44% lebih tinggi dari kelas diskusi presentasi, dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan persentase 42,1% lebih tinggi dari kelas diskusi presentasi. Atas dasar hasil penelitian, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti mengenai penggunaan jurnal belajar pada strategi pembelajaran yang berbeda, dan memilih format jurnal belajar yang tepat agar evaluasi siswa menjadi lebih maksimal, serta melakukan penilaian terhadap jurnal belajar yang telah dibuat oleh siswa, agar siswa semakin termotivasi untuk mengumpulkan jurnal belajarnya.