SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Pengolahan Sampah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Dengan Memanfaatkan TPA Talangagung Kepanjen Sebagai Sumber Belajar.

Daning Nindya Fitri Arianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Arianti, Daning Nindya Fitri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Pengolahan Sampah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Dengan Memanfaatkan TPA Talangagung Kepanjen Sebagai Sumber Belajar. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si.

 

Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, TPA Talangagung, pengolahan sampah, sumber belajar

Pembelajaran pada Kurikulum 2013 berbasis kompetensi dan karakter lebih menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung. Pemberian  pengalaman belajar secara langsung dapat dengan memanfaatkan lingkungan/tempat wisata sebagai sumber belajar.Pembelajaran biologi materi pengolahan sampah di SMA Negeri 1 Sumberpucung belum dikembangkan dengan perencanaan pembelajaran yang memanfaatkanTPA Talangagung sebagai sumber belajar. Media yang digunakan juga belum memberikan pengalaman belajar secara langsung pada siswa.Menurut Ibrahim & Sukmadinata (2010:118) untuk mencapaihasil yang optimal dalam kegiatan pembelajaran adalah digunakannyamedia yang bersifat langsung dalambentuk objek nyata atau realia. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, instrumen penilaian, LKS, hand-out, panduan kunjungan dan gambaran lokasi yang memanfaatkan TPA Talangagung sebagai sumber belajar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Model penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan yakni model 4D oleh Thiagarajan (1974), namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop sub tahap development testing. Validasi dilakukan oleh validator ahli perangkat pembelajaran, ahli materi dan praktisi lapangan. Tahap uji pengembangan dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran.

Hasil uji kevalidan silabus, RPP, instrumen penilaian, LKS, hand-out, panduan kunjungan dan gambaran lokasi berturut-turut sebesar 99,64%, 94,61%, 81,59%, 91,6%, 95,74, 88,74% dan 89,58%, sehingga keseuruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Kepraktisan perangkat menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat praktis untuk digunakan, berdasarkan angket respons siswa terhadap ulangan harian, LKS, hand-out, gambaran lokasi dan proses pembelajaran serta keterlaksanaan pembelajaran didapat rerata skor berturut-turut sebesar 83,27%, 85,11%, 80,6%, 87,13%, 85,09% dan 95,38%. Uji keefektifan diperoleh dari penilaian hasil kompetensi pengolahan sampah (pengetahuan, sikap dan keterampilan) sebesar 84,2 dengan semua siswa tuntas. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan TPA Talangagung sebagai sumber belajar layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Saran untuk pemanfaatan yakni perlu memperhatikan jarak dan alokasi waktu agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.