SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBERIAN LIMBAH IKAN LEMURU (Sardinellalongiceps) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS KACANG PANJANG (VignasinensisL.)

Della Azizatul Faraoidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Faraoidah, Della Azizatul. 2018. Pemberian Limbah Ikan Lemuru (Sardinella longiceps) terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ir. Nugrahaningsih, M.P., (II) Drs. Sulisetijono,  M.Si.

 

Kata Kunci:Limbah Ikan lemuru, Muncar, pertumbuhan, produktivitas, kacang  panjang.

Limbah yang terbuang secara langsung menyebabkan pencemaran bau dan masalah sanitasi. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah limbah yang ada di kawasan Muncar Banyuwangi diantaranya adalah pemanfaatan limbah ikan hasil pengolahan produk ikan kaleng. Kandungan fosfor pada limbah ikan lemuru dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian limbah ikan lemuru terhadap peningkatan pertumbuhan dan produktivitas tanaman kacang panjang.

Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan lima perlakuan (P0: 0 g, P1: 9,25 g, P2: 18,5 g, P3: 27,75 g, dan P4: 37 g serbuk limbah ikan lemuru/tanaman). Data yang diperoleh berupa tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, jumlah buah dan bobot buah kacang panjang yang dianalisis menggunakan Anava tunggal pada taraf signifikansi (α) = 0,05. Jika hasil uji signifikan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan limbah ikan lemuru berpengaruh nyata terhadap terhadap tinggi tanaman serta bobot buah dan tidak berpengaruh nyata terhadap diameter batang, jumlah daun, dan jumlah buah kacang panjang. Tanaman kacang panjang membutuhkan 3 g pupuk TSP (46%) setara dengan 1,5 g kandungan P205 pada limbah ikan lemuru. Pemberian limbah ikan lemuru yang sesuai untuk meningkatkan tinggi kacang panjang dalam penelitian ini sebesar 18.5 g setara dengan kadar P205 1 g/ tanaman dan untuk produksi buah kacang panjang sebesar 27.75 g setara dengan kadar P205 1,5 g/ tanaman.