SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Monopoli Biologi dalam Pembelajaran Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI MAN Kota Batu

amalina listyarso

Abstrak


ABSTRAK

 

Listyarso, Amalina. 2018. Pengembangan Media Monopoli Biologi dalam Pembelajaran Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI MAN Kota Batu. Skripsi, Jurusan Biologi, FakultasMatematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd (II) Nuning Wulandari, S.Si., M.Si.

 

Kata kunci:pengembangan media, monopoli Biologi, sistem sirkulasi.

Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter. Siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi.Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat pada kurikulum pendidikan nasional di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembelajaran Biologi berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam. Pemahaman siswa terhadap konsep-konsep Biologi tidak dapat dibangun hanya dengan menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab, akan tetapi penyampaian pelajaran Biologi harus disertai dengan praktikum, observasi, dan media penunjang pembelajaran yang memadai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media monopoli Biologi materi sistem sirkulasi untuk kelas XI MAN Kota Batu serta menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Prosedur penelitian pengembangan diadaptasi dari model Thiagarajan (1974) terdiri dari 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan dalam penelitian ini dilakukan terbatas hanya sampai tahap develop. Monopoli Biologi di validasi oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 1praktisi lapangan dan diujicobakan pada 33 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media monopoli Biologi dinyatakan valid atau layak digunakan dengan hasil perhitungan ahli materi 93,1%, ahli media 90%, praktisi lapangan 95,15%, uji kepraktisan 92,8%, uji keefektifan ranah kognitif 81,8% dan keefektifan ranah afektif 98,24% yang artinya monopoli Biologi sangat layak, efektif dan positif untuk membantu siswa kelas XI dalam pembelajaran Biologi.