SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARANBERBASIS INKUIRI TERBIMBINGMATERI PTERIDOPHYTAUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XMAN MOJOSARI

Retza Firmanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmanda, Retza. 2018. Pengembangan Peragkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Pteridophyta untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Mojosari. Skripsi. Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S. Pembimbing II: Dra. Sunarmi, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing, Pteridophyta.

Berdasarkan Kurikulum 2013 kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah (saintific approach) serta berbasis kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk pendekatan ilmiah adalah dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAN Mojosari didapatkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang belum mengimplementasikan Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan bahwa siswa kurang antusias terhadap pembelajaran Biologi dikarenakan belum adanya bahan ajar yang membuat siswa perpartisipasi aktif dalam pembelajaran, selain itu siswa juga mengalami kesulitan dalam menghafal berbagai macam tumbuhan. Berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil ulangan harian didapatkan 21 dari 38 siswa yang mendapatkan nilai diatas 78, artinya hanya 55,2% siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah dengan menciptakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Proses pembelajaran ini dapat dipersiapkan dalam perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbasis inkuiri terbimbing, bahan ajar yang berupa Handout dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D oleh Thiagarajan dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pemilihan model ini didasarkan pada arahan pengembangan yang jelas sehingga dihasilkan produk pengembangan yang jelas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bawah hasil validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh ahli pendidikan dan praktisi lapangan diperoleh persentase 97,30% yang termasuk dalam kategori sangat valid.

Hasil validasi bahan ajar oleh ahli materi dan praktisi lapangan diperoleh persentase 97,50% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi soal pretest dan post test oleh ahli pendidikan dan praktisi lapangan diperoleh persentase 83,77% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran diperoleh persentasi sebesar 80,50% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan nilai N-gain sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini dapat digunakan dalam pembelajaran. Setelah melalui beberapa revisi, dihasilkan produk akhir yaitu perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing materi Pteridophyta yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN Mojosari.