SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBANTUANMOUSE MISCHIEF UNTUK PEMBELAJARAN MATERI PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PAKIS, KABUPATEN MALANG

Rico Kharist Zein, Rico Kharist Zein

Abstrak


ABSTRAK

 

Zein, Rico Kharist. 2017. Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Mouse Mischief Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 1 Pakis, Malang. Skripsi.Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ibrohim, M.Si., (2) Dra. Hj. Nursasi Handayani, M.Si.

 

Kata kunci: pengembangan, mouse mischief, sistem pencernaan manusia

 

Media interaktif berbasis mouse mischief pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP/MTs ini dikembangkan karena ketersediaan media untuk IPA belum ada dan juga guru kurang bias untuk mengembangkan media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan media interaktif berbasis mouse mischief pada materi sistem pencernaan kelas VIII dan menguji kualitas media interaktif berbasis mouse mischief pada materi sistem pencernaan kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakis, Malang. Tahapan dalam penelitian ini meliputi ADDIE. Subjek validasi produk adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, dan kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ada dua yaitu teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menghasilkan flowchart dan storyboard. Menurut review kualitas multimedia interaktif adalah: (1) ahli materi menunjukkan kategori sangat baik (91,13%), (2) ahli media pembelajran berada pada kategori sangat baik (89,83%), (3) praktisi lapangan menunjukkan kategori baik (94,44%), dan (4) berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil berada pada kategori sangat baik (93,46%).

 

ABSTRACT

 

Zein, Rico Kharist. 2017. Developing Media Interaktif Learning Design Mouse Mischief-assisted of Human Digestive System Based Inquiry In The Immune System in SMAN 1 Pakis-Malang. Thesis. Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Malang. Advisor: (1) Dr. Ibrohim, M.Si., (2) Dra. Hj. Nursasi Handayani, M.Si.

 

Keywords : development, mouse mischief, human digestive system

 

 This study aims to describe the development of media interactive learning design Mouse Mischief-assisted teaching science to eighth grade students and test the quality of media interactive learning design Mouse Mischief-assisted of Human Digestive System teaching science of Junior High School 1 Pakis, Malang. Consept stages include ADDIE. The subjects consisted of product validation expert subject matter content, instructional media specialists, and instructional design expert. Subsequently tested products to students on small group testing. Data collection method used is the method of recording documents and questionnaires, using instruments such as product development reports and questionnaires. The analysis techniques used there are two techniques of quantitative analysis and qualitative analysis techniques. The results produces flowchart and storyboard. According of review interactive multimedia quality are : (1) course content shows very good category (91.13 %) , (2) instructional design experts are in very good category (89.83 %), (3) instructional media expert suggests either category (89.83 %), and (4) based on testing a small group in the category of very good (93.36 %).