SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Korelasi Sikap Siswa terhadap Biologi dengan Pemilihan Karir

andka habib sanjaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Sanjaya, Andika Habib. 2017. Korelasi Sikap Siswa Terhadap Biologi Dengan Pemilihan Karir. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si, (II) Dra. Nursasi Handayani, M.Si.

 

Kata Kunci : Sikap siswa, cara belajar siswa, pemilihan karir.

 

Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan (Adikasimbar, 2011). Materi biologi yang dipelajari sangat luas. Hal tersebut dapat mempengaruhi sikap seorang siswa terhadap mata pelajaran biologi di kelas.

Sikap siswa terhadap Biologi dapat digolongkan menjadi dua, yakni sikap positif dan sikap negatif. Dengan batasan, sikap positif adalah sikap yang cenderung menyukai Biologi, sedangkan sikap negatif adalah sikap yang cenderung membenci Biologi. Komponen sikap siswa terhadap Biologi yang dimaksud mencakup perasaan (afeksi), pemikiran (kognisi), dan predisposisi  tindakan (konasi).

Berdasarkan ketiga komponen sikap siswa tersebut, sikap siswa terhadap Biologi dinilai dapat mempengaruhi cara belajar siswa. Hal ini dikarenakan komponen sikap siswa menekankan pada keadaan psikologis siswa ketika belajar sehingga membentuk cara belajar.

Selain itu, sikap siswa terhadap Biologi yang digolongkan menjadi dua, sikap positif atau sikap negatif, akan memicu kecenderungan siswa terhadap Biologi. Dalam hal ini, kecenderungan tersebut adalah kecenderungan menyukai Biologi atau membenci Biologi. Kecenderungan tersebut akan membentuk motifasi dalam pemilihan karir. Jadi, penentuan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi sikap siswa akan berdampak pada cara belajar siswa dan pemilihan karir. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian deskriptif-kuantitatif untuk mengkaji korelasi antara sikap siswa terhadap Biologi dengan dampak terhadap cara belajar dan pemilihan karir.

Hasil penelitian akan menunjukkan data yang menghubungkan antara sikap siswa terhadap Biologi dengan pemilihan karir dalam bidang biologi. Data tersebut akan digunakan dalam penentuan strategi atau metode pengajaran untuk mengatasi kesulitan siswa dalam kegiatan belajar Biologi.