SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DIPADU MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 SINGOSARI KELAS X IPA PADA PELAJARAN BIOLOGI

Gibbie Nandhini Tundjung Biru

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurikulum 2013 merupakanupaya penyesuaian terhadap tuntutan pendidikan di Abad 21. Sejumlah kompetensi dan/atau kemampuan pun harus dimiliki oleh siswa agar dapat bersaing di Abad 21, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis.Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, diketahui siswa masih memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang kurang dari nilai ketuntasan minimal. Mengacu pada permasalahan tersebut, maka dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Mind Map untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas X IPA C SMAN 1 Singosari pada mata pelajaran Biologi selama 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan tindakan guru dan siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS) berpikir kritis, serta pre test dan post test. Teknik analisis yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Penelitian PBLdipadu denganmind mapyang dilakukan menunjukkan hasil rata-rata persentase keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari 56,8% menjadi 65,6% dan dari 65,6% menjadi 68,8%; sedangkan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 73,0% menjadi 78,8% dan dari 78,8% menjadi 89,2%. PBL dipadu mind map mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena pembelajaran berorientasi pada masalah disekitar siswa sehingga siswa didorong untuk mampu menyelesaikan masalah dan mengingat informasi yang diperoleh. Kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan disebabkan pada penerapan PBL dipadu mind map siswa terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan diskusi memecahkan masalah dan presentasi yang membuat siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri sehingga materi dapat dengan mudah diingat. Kesimpulan dari penelitian PTK ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan mind map mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.