SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Flipbook Sebagai Penunjang Materi Ekosistem (KD 3.9) Kelas X Kurikulum 2013 di SMA Negeri Tempeh Lumajang

Karunia Dyah Mardhatillah

Abstrak


Penelitian dan pengembangan multimedia flipbook materi ekosistem ini didasari oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi ekosistem, khususnya pada sub materi interaksi antara komponen dalam ekosistem, macam bioma, dan siklus biogeokimia. Hal tersebut disebabkan oleh pengalaman belajar siswa yang kurang terhadap macam bioma, materi dengan proses yang sulit diamati secara langsung, dan juga karena kurangnya media berupa buku panduan siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia flipbook materi ekosistem, serta menguji kualitas media yang dikembangkan melalui uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media tersebut.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004). Tahapan penelitian dan pengembangan ini meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kualitas isi materi multimedia ini divalidasi oleh ahli materi dari jurusan biologi Universitas Negeri Malang. Kualitas media pembelajaran, multimedia ini divalidasi oleh ahli media dari jurusan biologi Universitas Negeri Malang. Multimedia ini juga divalidasi oleh guru biologi selaku praktisi lapangan, dan telah diuji cobakan kepada 33 siswa SMA Negeri Tempeh Lumajang.

Hasil validasi multimedia flipbook ini oleh ahli materi adalah 85,8%, yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media adalah 95,4%, yang juga termasuk dalam kriteria sangat valid.Sedangkan hasil validasi oleh praktisi lapangan adalah 89,6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia flipbook sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji kepraktisan mencapai rata-rata persentase sebesar 88%, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia flipbook termasuk dalam kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan menghasilkan nilai 0,68 yang berarti peningkatan skor rata-rata pretest dan posttest berada dalam kategori sedang, sehingga multimedia flipbook dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil ketuntasan belajar klasikal siswa diperoleh persentase 87,8%, sehingga multimedia flipbook efektif digunakan dalam proses pembelajaran.