SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang

Ellyawati Ellyawati

Abstrak


ABSTRAK

Ellyawati. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Siswa Kelas XI SMANegeri6 Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dra. HerawatiSusilo, M.Sc.Ph.D,(2) Dra. Nursasi Handayani, M.Si

 

Kata Kunci:Model PembelajaranProblem Based Learningdengan strategi Think Talk Write, Problem Based Learning, hasil belajar kognitif, keterampilam proses sains.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan pembelajaran Problem Based Learning dengan strategiThink Talk Write terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri6 Malang, (2) pengaruh penerapan pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Think Talk Write terhadap keterampilan proses siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SMA Negeri 6 Malang diketahui bahwa keterampilan proses siswa kelas XI masih rendah contohnya keterampilan siswa dalam berpendapat, mengajukan pertanyaan, menjelaskan materi dan melaksanakan praktikum. Hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa sekitar 40% memiliki nilai dibawah KKM. Pembelajaran di sekolah masih belum mengaktifkan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran dari guru yang berpusat pada siswa. Salah satunya dengan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Think Talk Write yang melatih siswa menerapkan konsep pembelajaran untuk menyelesaikan permasalahan di kehidupansehari-hari.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitiannonequivalen control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Sampel Penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling,yaitu kelas XI MIA 1 (kelas kontrol) dan kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Analisis data hasil belajar kognitif menggunakan Analisis Kovarian (Anakova), sedangkan untuk hasil keterampilan proses sains menggunakan Uji-t.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkam bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dipaduThink Talk Write terhadap hasil belajar kognitif siswa.  Menurut uji hipotesis, hasil AnakovaF hitung sebesar 5.960 dengan sig.0.017(p