SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Sikap terhadap Biologi dengan Literasi Konservasi Biodiversitas pada Siswa SMA di Wilayah Mojokerto

Maria Anita Irnayanti Aprilia

Abstrak


 Aprilia, Maria Anita Irnayanti. 2017. Hubungan Sikap terhadap Biologi dengan Literasi Konservasi Biodiversitas Siswa SMA di Wilayah Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)  Dr. Hadi Suwono, M.Si. , (2) Drs. Sulisetijono, M.Si.

 

Kata kunci: sikap terhadap biologi, biodiversitas, literasi konservasi biodiversitas

 

Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman makhluk hidup yang melimpah. Keanekaragaman makhluk hidup atau biodiversitas yang ada di Indonesia semakin menurun dari tahun ke tahun. Ini menunjukkan masih banyak individu yang kurang peduli terhadap biodiversitas. Salah satu faktor penyebab utama adalah belum tercapainya literasi konservasi biodiversitas pada pembelelajaran biologi di Indonesia. Untuk mencapai literasi konservasi biodiversitas hal yang juga perlu diperbaiki adalah sikap siswa terhadap mata pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap terhadap pelajaran biologi siswa  SMA di wilayah Mojokerto,literasi konservasi biodiversitas siswa SMA di wilayah Mojokerto, dan hubungan sikap terhadap biologi dengan literasi konservasi biodiversitas siswa SMA di wilayah Mojokerto.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan metode survei. Sampel pada penelitian ini adalah 500 orang siswa SMA dari 10971 siswa SMA yang ada di Mojokerto. Sampel penelitian teridiri dari siswa kelas XI dan XII SMA. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket yang sebelumnya sudah divalidasi oleh ahli dan juga siswa melalui tahap uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik (analisis korelasi linier berganda).

Hasil analisis validasi menunjukkan bahwa secara umum instrumen yang digunakan sudah valid dan reliabel. Revisi dilakukan pada beberapa poin yang kurang valid. Hasil analisis data menunjukkan sikap siswa terhadap mata pelajaran biologi cukup baik dengan persentase 68,71%. Literasi konservasi biodiversitas siswa juga cukup baik dengan persentase 67,20%. Analisis korelasi linier berganda antara dua variabel menunjukkan terdapat hubungan antara sikap terhadap biologi dengan literasi konservasi biodiversitas.

Sikap siswa yang cukup baik terhadap pelajaran biologi dipengaruhi oleh faktor guru, metode pembelajaran, kegiatan praktikum dan perasaan bahwa biologi penting bagi kehidupan sehingga menimbulkan rasa ketertarikan terhadap biologi termasuk memilih karir dalam bidang biologi. Literasi konservasi biodiversitas yang cukup baik di dasari atas kesadaran, pengetahuan, sikap serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk mengambil keputusan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sikap terhadap pelajaran biologi yang baik akan menumbuhkan rasa ingin tahu, tanggung jawab dan kepedulian terahadap lingkungan sekitar termasuk biodiversitas di lingkungan sekitar siswa.