SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF PADA MATERI SISTEM SIRKULASI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA LABORATORIUM UM

Ahmad Kamal Sudrajat

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata kunci: Asesmen Formatif, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Sirkulasi

 

: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen formatif yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem sirkulasi dan menguji validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk asesmen formatif yang dikembangkan. Produk dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan berupa instrumen observasi diskusi kelas, instrumen observasi kegiatan praktikum, dan soal tes kognitif. Kesimpulan penelitian ini adalah asesmen formatif yang dikembangkan  layak, praktis, dan efektif digunakan dan dapat mengukur serta melatih kemampuan berpikir kritis ssiwa.

 

ABSTRACT:

The purpose of the study is to develop a formative assessment that can measure students' critical thinking skills on the circulatory system and test the validity, efficacy, and effectiveness of developed formative assessment products. Products developed with the ADDIE development model. The product developed in the form of observation instrument of class discussion, observation instrument of practicum activity, and test of cognitive test. The conclusions of this study are formative assessments that are developed feasible, practical, and effective use and can measure and train critical thinking skills of the students.

 

Keyword: Formative Assessment, Critical Thinking Skills, Circulatory System