SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif Think Pair Square Share (TPSS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir KritisSiswa Kelas X MIA 5 SMAN 02 Batu

dini resita putri

Abstrak


ABSTRAK

Putri, Dini Resita. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif Think Pair Square Share (TPSS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir KritisSiswa Kelas X MIA 5 SMAN 02 Batu. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi, M.Pd., (II) Dra. Amy Tenzer, M.S.

Kata Kunci : inkuiri terbimbing, kooperatif TPSS, kemampuan berpikir kritis

 

Berdasarkan hasil observasi dan wawancaradengan guru Biologi SMAN 02 Batu, kemampuan berpikir kritissiswa kelas X MIA 5 tergolong rendah, terlihatdarijawabansiswaterhadappertanyaandenganaspekberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa yang menunjukkanbahwaketuntasanklasikalhanya 57%. Rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan kurangdi-berdayakannya kemampuan tersebut pada setiap pembelajaran.

              PenelitianTindakanKelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritissiswa melaluipenerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif TPSS.Subjekpenelitian ini adalah siswa Kelas X MIA 5 SMAN 02 Batu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang terdiri dari 10 siswa dan 20 siswi.Kemampuanberpikirkritissiswameliputiaspekinterpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan self-regulation, yang diukurmenggunakanmelaluites akhir siklusdan penilaian tes akhir siklus dilakukan berdasarkan rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis.Penelitiantindakankelasdilakukanselamaduasiklus.

              Data hasil penelitiankemampuan berpikir kritissebagaiberikut.AspekIntepretasimeningkatdari 65,6% menjadi 87,5% padasiklus II. AspekAnalisismeningkatdari 45,6% menjadi 68% padasiklus II. AspekEvaluasimeningkatdari 67% menjadi 75% padasiklus II.AspekInferensimeningkatdari 57,3% menjadi 76,3% padasiklus II. AspekEksplanasimeningkatdari 46,6% menjadi 66% padasiklus II. AspekSelf-regulationmeningkatdari 71,3% menjadi 84,6% padasiklus II. Secarakeseluruhanaspekkemampuanberpikirkritissiswameningkatdari 58,8% padasiklus I menjadi 87,5% padasiklus II. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif TPSS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritispadasetiapaspeknya.Penerap-an Model Pembelajaranharusdilakukanoleh Guru denganbaikmelaluibombingankepadasiswadisetiaplangkahpembelajaransehinggasetiapaspekberpikirkritisdapatsemakinterasah.