SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Graphic Organizer untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas x SMA Ar-Rohmah Malang

haris eka pramudita

Abstrak


ABSTRAK

 

Pramudita, Haris Eka. 2016. Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Graphic Organizer untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas x SMA Ar-Rohmah Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si

 

Kata Kunci: model pembelajaran TPS, graphic organizer, hasil belajar.

 

            Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran di SMA Ar-Rohmah Malang belum menerapkan pendekatan saintifik secara lengkap sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang terdiri dari lima pengalaman belajar pokok yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan. Kendala utama pembelajaran adalah siswa kurang memiliki kemauan untuk mencari informasi dari buku diktat yang digunakan di sekolah. Siswa terlalu tergantung pada penjelasan dan catatan dari guru sehingga sehingga wawasan siswa sangat terbatas. Hal tersebut menyebabkan pemahaman terhadap materi kurang sehingga mempengaruhi hasil belajar khususnya hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil ujian materi dunia tumbuhan, diketahui bahwa ketuntasan klasikal baru mencapai 50% dari 85% yang ditetapkan. Hasil tersebut membuktikan bahwa diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran biologi dan tuntutan kurikulum 2013 yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran think-pair-share (tps) dengan bantuan graphic organizer.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA Ar-Rohmah Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil belajar siswa (afektif dan kognitif) disertai data keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar keterlaksanaan model pembelajaran TPS berbantuan graphic organizer oleh guru dan siswa, lembar penilaian afektif, dan tes hasil belajar kognitif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think-pair-share (tps) berbantuan graphic organizer dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa (kognitif dan afektif) kelas X SMA Ar-Rohmah Malang. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif meningkat dari 64,76%  menjadi 85,34%, sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat dari 40,62% menjadi 90,40%.