SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN RANCANGAN DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERSUMBER MANGROVE CENTER TUBAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X-MIA I SMAN 4 TUBAN

Uswatun Khasanah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Handout dan LKS berbasis PBL yang menggunakan Mangrove Center Tuban sebagai sumber belajar. Penerapan hasil pengembangan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X MIA 1 SMAN 4 Tuban. Penelitian dilakukan dalam 3 tahapan dari empat tahapan pengembangan 4D yaitu: (1) pendefinisian (2) perancangan (3) pengembangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat hasil pengembangan masuk dalam kategori sangat valid dengan rerata skor silabus 3,29, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3,9, Handout 3,8, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) 3,75. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa rerata skor keterbacaan Handout 3,23 dan LKS 3,27 dengan kategori terbaca baik. Hasil penerapan perangkat hasil pengembangan di kelas X MIA 1 SMAN 4 Tuban dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan rincian 10 siswa masuk dalam kategori kritis dan 26 lainnya sangat kritis; serta sikap peduli lingkungan siswa dengan rincian 12% dikategorikan sangat baik dan 88% siswa masuk dalam kategori cukup.