SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEMAMPUAN KANGKUNG AIR (Ipomoea aquatica Forsk.) DALAM MENYERAP LOGAM BERAT Pb YANG BERASAL DARI INDUSTRI BATIK

Rizki Amalia Nurul

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: air limbah industri batik, kadar logam Pb, tanaman kangkung air (Ipomoea aquatica Forsk.).

Air limbah industri batik merupakan air sisa dari proses produksi kain batik yang secara keseluruhan mengandung bahan kimia. Salah satu kandungan dalam air limbah industri batik tersebut berupa logam berat yaitu logam timbal (Pb). Air limbah industri  batik yang tidak diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan menyebabkan pencemaran lingkungan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengolah air limbah tersebut dengan proses fitoremediasi yaitu pemanfaatan tanaman untuk proses penyerapan bahan pencemar. Tanaman kangkung air (Ipomoea aquatica Forsk.) merupakan tanaman air yang biasanya hidup di sungai maupun persawahan dan memiliki kemampuan menyerap logam Pb dari lingkungan hidupnya.

 

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penurunan dan mengenalisis penurunan kadar logam Pb setelah diberi perlakuan variasi berat basah kangkung air pada air limbah industri  batik, dan (2) untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan penurunan kadar logam Pb setelah perlakuan variasi berat basah kangkung air pada air limbah industri batik.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 3 taraf perlakuan dan 9 kali ulangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarian (Anakova) tunggal dan dilanjutkan Uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat basah kangkung air berpengaruh signifikan terhadap penurunan kadar logam Pb pada air limbah industri batik. Berat basah 100 gram kangkung air menunjukkan penurunan kadar logam Pb lebih tinggi daripada pada perlakuan menggunakan berat basah 50 gram.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi penurunan kadar logam Pb pada air limbah industri batik setelah adanya perlakuan pendedahan kangkung air dengan variasi berat basah. Variasi berat basah kangkung air tersebut memberikan perbedaan penurunan kadar logam Pb, dan (2) Terjadi perbedaan penurunan kadar logam Pb dengan perbedaan perlakuan variasi berat basah kangkung air. Pada perlakuan berat basah 50 gram kangkung air, pesentase penurunan kadar logam Pb sebesar 54%, sedangkan pada perlakuan 100 gram, persentase penurunan kadar logam Pb sebesar 87%. Berat basah kangkung air yang paling efektif terhadap penurunan kadar logam Pb pada air limbah industri batik yaitu sebesar 100 gram.