SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SISTEM SIRKULASI SMA KELAS XI DI MAN 3 MALANG

Kuni Mawaddah

Abstrak


Abstrak: Instrumen penilaian yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi diperlukan agar lulusan sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan pada Kurikulum 2013. Keberhasilan proses pembelajaran yang sedang berlangsung dapat diketahui dari asesmen formatif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru, dan wawancara dengan siswa, asesmen formatif yang dilaksanakan di MAN 3 Malang belum secara optimal mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan asesmen formatif berbasis komputer pada materi sistem sirkulasi manusia di MAN 3 Malang yang dapat mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Rerata persentase hasil validasi asesmen, validasi materi, dan validasi media yang diperoleh adalah sebesar 96,4% yang secara teoritis dinyatakan sangat layak dan valid. Berdasarkan hasil uji coba, butir soal dianalisis untuk mengetahui reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Hasil reliabilitas menunjukkan bahwa soal pilihan ganda dalam asesmen formatif berbasis komputer memiliki nilai reliabilitas 0,70 artinya instrumen tes soal pilihan ganda mempunyai reliabilitas yang tinggi. Persentase daya beda terbesar 52% dengan demikian asesmen formatif ini mempunyai daya beda sedang. Tingkat kesukaran 20% sedang dan 80% mudah. Analisis pengecoh menghasilkan pilihan jawaban berfungsi sebesar 48% dan kurang berfungsi sebesar 52%. Respon siswa menyatakan bahwa produk yang dihasilkan praktis