SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UJI VARIASI DOSIS FERMENTASI IKAN BANDENG DAN PENAMBAHAN KULIT ARI BERAS T ERHADAP PERTUMBUHAN ARTEMIA

agustin dwi erlandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Erlandi, Agustin Dwi. 2017 Uji Variasi Dosis Fermentasi Ikan Bandeng dan Penambahan Kulit Ari Beras Terhadap Pertumbuhan Artemia. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pnengetahuan alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Drs. Agus Dharmawan, M.Si., (II) Agung Witjoro, S.Pd, M.Kes.

Kata kunci : fermentasi, panjang, jumlah, dan  Artemia sp,

 

Fermentasi daging ikan bandeng dan kulit ari beras sebagai pakan untuk pertumbuhan Artemia sp, memiliki beberapa keunggulan diantaranya kandungan nutrisi yang cukup tinggi yaitu kandungan protein sebesar 47,58%, ketersediaannya sebagai pakan berkelanjutan dan mudah didapat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat  pengaruh berbagai dosis fermentasi ikan bandeng terhadap pertambahan panjang dan jumlah Artemia sp.

Penelitian ini merupakan metode eksperimentalmenggunakan perhitungan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan yaitu pemberian pakan fermentasi ikan bandeng dan kulit ari beras dosis (I) 10 mg/4L, (II) 20 mg/4L, (III) 30 mg/4L, (IV) 40 mg/4L, dengan ulangan masing-masing perlakuan 6 kali. Pemberian pakan dilakukan 7 hari sekali pada pagi hari dengan lama waktu pengamatan 21 hari dan parameter ukur adalah pertambahan panjang dan jumlah setiap 3 hari sekali (hari ke 3,6, 9,12,15, dan 21). Data dianalisis menggunakan Anova ganda untuk mengetahui perbedaan variasi pakan terhadap panjang dan jumlah Artemia sp  dan untuk mengetahui variasi pakan terhadap waktu pengamatan, apabila data signifikan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan.

Hasil pengamatan menunjukan bahwa variasi pakan berpengaruh terhadap jumlah Artemia sp  meningkat hingga hari ke 12 selanjutnya mengalami penurunan di hari ke 15 hingga 21, sedangkan pertumbuhan panjang mengalami peningkatan dari hari ke 3 hingga ke 21. Masing-masing variasi pakan memberikan perbedaan yang nyata.