SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Cafe Calories Malang

Arinda Yuniar Savitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Savitri, Arinda Yuniar. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Cafe Calories Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Suwarni, M.Si.          

 

Kata Kunci: kualitas layanan, minat pembelian ulang.

 

Berbagai strategi dilakukan oleh setiap perusahaan dengan tujuan agar  tercapainya harapan konsumen mengenai kualitas layanan yang ada sehingga dapat berpengaruh terhadap minat pembelian ulang yang nantinya akan menciptakan keuntungan bagi perusahaan. Kualitas layanan terdiri dari Tangible, Reliability, Assurance, Emphaty, dan Responsiveness dan kelima indicator tersebut digunakan oleh peneliti untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap minat pembelian ulang.

Rumusan masalah dalam penelitian ini, diantaranya (1) Bagaimana kondisi kualitas layanan dan minat pembelian ulang pada Cafe Calories Malang (2) Besarnya pengaruh kualitas layanan (Tangible, Reliability, Assurance, Emphaty, dan Responsiveness) terhadap pembelian ulang secara parsial dan simultan pada Cafe Calories Malang. (3) Dimensi dari kualitas layanan (Tangible, Reliability, Assurance, Emphaty, dan Responsiveness) yang paling dominan mempengaruhi minat pembelian ulang pada Café Calories Malang.

Jenis populasi dari penelitian ini termasuk dalam infinite population. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsumen Cafe Calories Malang yang pernah melakukan pembelian pada cafe tersebut, didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Adapun metode analisis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakna kuisioner.

Hasil dalam penelitian ini adalah (1) menurut persepsi pelanggan, dimensi dari kualitas layanan pada Cafe Calories Malang dikatakan baik (2) secara parsial dan simultan variabel kualitas layanan yang terdiri dari Tangible, Reliability, Assurance, Emphaty, dan Responsiveness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat pembelian pada Cafe Calories Malang (3) kehandalan (reliability) menjadi dimensi dari kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap minat pembelian ulang pada Cafe Calories Malang.

Saran bagi penelitian selanjutnya agar lebih memperbaiki kekurangan yang terdapat di dalam penelitian ini guna menambah referensi dan menambah wawasan yang lebih luas bagi pembaca.