SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas VIII MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk

Ahya Mujahidin

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan kelas VIII model inkuiri terbimbing serta mengetahui hasil uji kelayakan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (Thiagarajan, 1974), namun hanya dilakukan pengembangan sampai tahap develop saja. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi dan hasil belajar siswa. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari validator. Hasil menunjukkan bahwa persentase skor validasi perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, LKS, dan Instrumen Penilaian menghasilkan rata-rata sebesar 91,92% (sangat valid dan layak digunakan). Hasil rerata skor validasi materi pembelajaran adalah 90,28% (sangat valid dan layak digunakan). Hasil uji kepraktisan penggunaan perangkat pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 88,96% (sangat praktis digunakan). Data uji keefektifan menunjukkan bahwa skor rata-rata kompetensi siswa sebesar 84,31 dan nilai tersebut telah melebihi KKM MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk. Kompetensi ranah pengetahuan, dari 27 siswa ada empat siswa yang memiliki nilai dibawah KKM. Hal ini menunjukkan ketuntasan siswa pada kompetensi ranah pengetahuan sejumlah 85,18%.