SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI di MAN 2 Tulungagung.

Kiki Elita Silviana

Abstrak


ABSTRAK

 

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam abad ini agar mampu bersaing, oleh karena itu pembelajaran harus mampu memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun hasil observasi di MAN 2 Tulungagung menunjukkan bahwa pembelajaran maupun bahan ajar yang digunakan belum mampu mendukung perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa SMA cenderung masih rendah, khususnya siswa kelas XI. Oleh karena itu dibutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. pengembangan dan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL), mengetahui validitas perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Sistem Reproduksi, dan mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran berbasis PBL pada materi Sistem Reproduksi dan mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis PBL pada materi Sistem Reproduksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan penelitian Borg and Gall, dengan dua uji coba lapangan, yaitu uji coba lapangantahap awal dan uji coba lapangan utama yang dilaksanakan di MAN 2 Tulungagung, pada kelas XI MIA 5 Semester Genap tahun 2016/2017. Hasil validasi perangkat pembelajaran berbasis PBL menunjukkan perangkat pembelajaran hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran dengan rata-rata skor aspek dari seluruh validator 3,95, kelayakan RPP 3,95 dan kelayakan LKS 3,80 dari skala 1,00-4,00. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang diukur dengan nilai N-gainawal 0,082 yang tergolong rendah, kemudian setelah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran nilai N-gain sebesar 0,456 menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis yang termasuk kriteria sedang.

Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning(PBL)layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi Sistem Reproduksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang awalnya tergolong rendah dan setelah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Saran pengembangan untuk produk lebih lanjut adalah melanjutkan langkah dari Borg and Gall yang belum terlaksana yaitu dilakukannyaperbaikan/penyempurnaan terhadap hasil uji coba pada lapangan utama dilakukan langkah uji validasi terhadap model operasional yang telah dihasilkan, kemudian dilakukan perbaikan ahir terhadap model yang dikembangkan untuk menghasilkan produk ahir dan yang terahir adalah menyebar luaskan produk yang telah dikembangkan.