SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS CAKUPAN MATERI, KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, DAN KEBAHASAAN BUKU TEKS MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MAN KOTA BATU TERKAIT DENGAN KURIKULUM 2013

Melania Primasta

Abstrak


ABSTRAK

 

Primasta, Melania. 2017. Analisis Cakupan Materi, Kelayakan Isi, Penyajian, dan Kebahasaan Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas XI di MAN Kota Batu Terkait dengan Kurikulum 2013.Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Masjhudi, M.Pd, (II) Drs. I Wayan Sumberartha, M.Sc.

 

Kata Kunci: Materi, kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, buku teks

 

Proses pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Malang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Pembelajaran biologi dikelas XI MAN Kota Batu sangat bergantung pada buku teks pelajaran yang disediakan sekolah. Buku teks pelajaran biologi yang disediakan oleh sekolah ada 3 macam yaitu buku Menjelajah Dunia Biologi untuk Kelas XI SMA dan MA yang berbasis Kurikulum 2013, buku Theory and Application of Biology for Grade of Senior High School and Islamic Senior High School yang berbasis KTSP, dan buku Biologi untuk SMA Kelas XI yang berbasis KTSP. MAN Kota Batu menyediakan 3 buku dengan 2 buku masih berbasis KTSP karena buku yang berbasis Kurikulum 2013 jumlahnya tidak memadai, hanya setengah dari jumlah siswa dalam satu kelas. Selain itu siswa juga tidak dianjurkan membeli buku secara pribadi, oleh karena itu tidak ada siswa yang mempunyai buku pelajaran biologi secara pribadi.

Berdasarkan hal tersebut dilakukan analisis buku teks biologi kelas XI yang bertujuan untuk mengetahui kriteria kualitas buku yang digunakan di MAN Kota Batu terkait dengan Kurikulum 2013. Analisis yang dilakukan ada 4 aspek yaitu aspek cakupan materi, aspek kelayakan isi, aspek penyajian, dan aspek kebahasaan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian dari BSNP 2014. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi. Penilaian dilakukan oleh dua orang yaitu Melania Primasta sebagai peneliti dan Ibu Wijiasih sebagai guru biologi kelas XI MIA di MAN Kota Batu.

Hasil analisis menunjukkan bahwa buku Menjelajah Dunia Biologi untuk Kelas XI SMA dan MA diperoleh persentase skor 100,0% pada aspek cakupan materi, 97,7% pada aspek kelayakan isi, 99,3% pada aspek penyajian buku, dan 100,0% pada aspek kebahasaan, dan rata-rata persentase skor diperoleh 99,2% dengan kualitas buku adalah sangat baik. Buku Theory and Application of Biology for Grade of Senior High School and Islamic Senior High Schooldiperoleh persentase skor 75,0% pada aspek cakupan materi, 75,9% pada aspek kelayakan isi, 90,5% pada aspek penyajian, dan 87,7% pada aspek kebahasaan, dan rata-rata persentase skor diperoleh 82,3% dengan kualitas buku adalah baik. Buku Biologi untuk SMA Kelas XI diperoleh persentase skor 73,5% pada aspek cakupan materi, 67,7% pada aspek kelayakan isi, 89,8% pada aspek penyajian buku, dan 91,8% pada aspek kebahasaan, dan rata-rata persentase skor diperoleh 80,7% dengan kualitas buku adalah baik.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ketiga buku tersebut masih layak digunakan di MAN Kota Batu. Namun diharapkan sekolah menyediakan lebih banyak buku teks pelajaran yang berbasis Kurikulum 2013 sehingga proses pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di MAN Kota Batu berjalan dengan baik.