SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Metode Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Biologi Kelas X-1 SMAN 1 Puri Mojokerto

kiking duana tara

Abstrak


ABSTRAK
Sholiha, Imamatus. 2010. Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan
(PBMP) dengan Metode Kooperatif Model Think Pair Share (TPS)
untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-1
SMA Negeri I Puri Mojokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dra.
Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D., (2) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S
Kata kunci: PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan), TPS (Think
Pair Share), Proses belajar, Hasil belajar
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru matapelajaran biologi
kelas X-I SMA Negeri Puri Mojokerto, bahwa sekolah tersebut sudah
memberlakukan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Guru biologi di
SMA Negeri I Puri Mojokerto masih menggunakan metode ceramah sebagai
andalan dalam pembelajaran atau memberikan penjelasan di depan kelas kepada
siswanya serta siswa mencatat semua penjelasan yang disampaikan oleh guru,
diskusi kelas jarang dilakukan dengan alasan waktu belajar yang sedikit sehingga
tingkat berpikir siswa kurang. Pembelajaran seperti ini kurang maksimal karena
siswa hanya mendengarkan dan tidak berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran,
sehingga hasil belajarnya tidak maksimal. Hasil observasi dan wawancara juga
menunjukkan bahwa guru belum pernah menerapkan pembelajaran PBMP dengan
metode TPS. Berdasarkan alasan di atas maka peneliti menerapkan pembelajaran
PBMP dengan metode TPS untuk meningkatkan proses dan hasil belajar biologi
siswa kelas X-I SMA Negeri I Puri Mojokerto.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Puri Mojokerto pada bulan
Desember 2009. Pembelajaran yang digunakan adalah PBMP dengan metode TPS
yang diterapkan melalui PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dengan
2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) rencana tindakan, 2)
tindakan pembelajaran, 3) observasi dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian adalah
siswa kelas X-I yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data melalui
observasi keterlaksanaan pembelajaran, observasi proses belajar siswa, tes dan
angket respons siswa terhadap pembelajaran. Analisis data secara deskriptif.
Penelitian ini bertujuan untuk:1) meningkatkan proses belajar siswa kelas X-I
SMA Negeri I Puri Mojokerto melalui penerapan PBMP dengan metode
kooperatif model TPS, 2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-I SMA Negeri
I Puri Mojokerto melalui penerapan PBMP dengan metode kooperatif model TPS
dan 3) mengetahui respons siswa kelas X-I SMA Negeri I Puri Mojokerto
terhadap penerapan PBMP dengan metode kooperatif model TPS
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PBMP dengan metode
TPS dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Hasil proses belajar siswa
pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pada deskriptor 2 (2 orang siswa),
deskriptor 3 (3 orang siswa), deskriptor 4 (1 orang siswa), deskriptor 5 (9 orag
siswa) dan deskriptor 9 (1 orang siswa). Hasil belajar kognitif mengalami
peningkatan 17,6 atau mengalami kenaikan sebesar 33,3%. Persentase
kemampuan afektif: kemampuan bertanya mengalami peningkatan13%,
ii
menjawab 2,7%, berpendapat 8,8%, kerjasama kelompok 2,1%, dan kehadiran
2,8%, sedangkan kemampuan psikomotor pada siklus II dengan rata-rata sebesar
11 poin dari skor maksimal 12 poin, serta mendapat respons yang positif dari
siswa. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa PBMP dengan metode TPS
dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa
Berdasarkan hasil penelitian, penerapan PBMP dengan metode TPS perlu
dikembangkan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar dalam rangka
memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran.