SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Asesmen Portofolio Proses dalam Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batu

Dwi Ayu Ningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningtyas, Dwi Ayu. 2017. Pengaruh Penerapan Asesmen Portofolio Proses dalam Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batu. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Murni Saptasari, M.Si., (2) Dra Amy Tenzer, M.S.

 

Kata Kunci: Asesmen Portofolio Proses, Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Biologi.

 

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia pada abad 21, namun kenyataannya keterampilan berpikir kritis siswa di SMAN 2 Batu belum diberdayakan dengan baik. Penilaian terhadap hasil belajar siswa belum terencana untuk memberdaya-kan keterampilan berpikir kritis dan belum mengakomodasi penilaian hasil belajar sikap dan keterampilan. Penerapan asesmen portofolio proses dalam model inkuiri terbimbing diperkirakan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan asesmen portofolio proses dalam model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa serta hubungan antara asesmen portofolio proses dengan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian ekperimental semu. Populasi adalah seluruh kelas X SMAN 2 Batu sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X MIA 3 dan X MIA 4 tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, penilaian portofolio proses, observasi terhadap hasil belajar sikap dan keterampilan siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa diuji dengan meng-gunakan uji anakova. Data hasil belajar sikap siswa diuji dengan menggunakan uji anava. Data hasil belajar keterampilan siswa diuji dengan menggunakan uji Kruskal Wallis. Jika ketiga uji tersebut menunjukkan adanya pengaruh maka dilakukan uji lanjut menggunakan uji regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dari penerapan asesmen portofolio proses terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan asesmen portofolio proses dalam model inkuiri terbimbing menyebabkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa yang lebih tinggi. Saran bagi guru dan peneliti berikutnya adalah (1) penerapan asesmen portofolio proses dalam model inkuiri terbimbing perlu diberikan kepada siswa minimal 1 semester untuk mengetahui perkembangan belajar siswa dan menjadi cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa dan (2) nilai portofolio proses sebaiknya diambil dari hasil penilaian siswa sendiri, teman sejawat dan guru, karena mampu memotivasi siswa untuk menyusun portofolio proses dengan sungguh-sungguh, disiplin dan tanggung jawab sehingga akan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa.